Jokowi Ingatkan lagi Netralitas Aparat Keamanan di Pilkada

Pilkada ini penting untuk pilkada serentak 2017 dan hajatan pemilu 2019.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 12 Nov 2015 11:07 WIB

Author

Erric Permana

Jokowi Ingatkan lagi Netralitas Aparat Keamanan di Pilkada

Ilustrasi (Foto: kesbangpol.kemendagri.go.id)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengingatkan aparat keamanan baik TNI dan Polri, tetap netral saat penyelenggaraan Pilkada serentak bulan depan. Selain itu juga dia meminta calon kepala daerah yang saat ini menjabat untuk menjaga netralitas para Pegawai Negeri Sipil atau PNS di daerah masing-masing. 

Jokowi mengatakan pilkada tahun ini bakal menjadi pengalaman penting untuk menyambut dan menyukseskan pilkada serentak 2017 dan pemilu nasional 2019. Dia juga mengingatkan penyelenggara pemilu di daerah baik KPU dan Bawaslu bekerja secara profesional.

"Bisa menjaga profesionalisme dan independensinya sehingga pilkada berjalan secara jujur dan adil, saya tekankan soal ini karena dalam sebuah pertandingan politik yang sehat dipelrukan aturan main yang jelas. Dan wasit yang harus bekerja secara profesional. Ini harus kita jaga betul," ujar Jokowi saat membuka Rakornas di Jakarta Utara, (12/11).

Presiden Joko Widodo meminta aparat penegak hukum langsung bertindak jika menemukan ada potensi gangguan keamanan selama pilkada. Dia mengingatkan kembali agar aparat penegak hukum tidak bertugas seperti pemadam kebakaran, yang baru bergerak setelah ada kejadian sehingga terlambat mengamankan gangguan keamanan pilkada.

Pilkada serentak akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang. Nantinya, akan diiikuti 9 provinsi, 224 Kabupaten dan 36 Kota.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18