BERITA

Dua Calon Lolos Pilkada Solo

"KPU Solo akan beri sanksi calon yang mundur dari pilkada"

Yudha Satriawan

Dua Calon Lolos Pilkada Solo
KPU Solo menunjukkan berita acara dan SK Penetapan Pasangan (Foto: KBR/Yudha S.)

KBR, Solo - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Solo menetapkan dua pasangan calon maju dalam Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Solo. Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo, mengatakan dua pasangan calon tersebut memenuhi persyaratan dalam pilkada. Menurut Agus sulistyo, KPU akan memberi sanksi jika pasangan calon yang sudah ditetapkan tersebut mundur dalam pilkada.

“KPU Solo menetapkan pasangan calon yang memenuhi persyaratan menjadi peserta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Solo. Mereka adalah atas nama FX Hadi Rudyatmo sebagai calon Walikota dan Achmad Purnomo sebagai calon Wakil Walikota Solo. Kemudian pasangan Anung Indro Susanto sebagai Calon Walikota dan Muhammad Fajri sebagai calon Wakil Walikota Solo. Ketika nanti mengundurkan diri setelah ditetapkan, jelas tidak bisa. Pasangan calon tidak bisa ditarik atau menarik diri dari penetapan pencalonan ini. Hal ini akan berkaitan dengan sanksi yang diberikan KPU sesuai aturan yaitu sanksi denda 20 Milyar rupiah.” Ujar Agus.


Setelah penetapan pencalonan, KPU solo akan mengundi nomor urut pasangan calon besok. 


Pilkada Solo diikuti oleh dua pasangan calon. Mereka adalah pasangan petahana, Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo yang diusung PDI-Perjuangan dengan pasangan Anung Indro – Muhammad Fajri, dari gabungan Partai politik Koalisi Solo Bersama, antara lain Golkar, PAN, PPP, PKS dan Gerindra.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • pilkada serempak
  • kpu solo
  • calon petahana
  • FX Hadi Rudyatmo sebagai calon Walikota dan Achmad Purnomo
  • Anung Indro Susanto sebagai Calon Walikota dan Muhammad Fajri

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!