BI: Aliran Dana Asing ke Indonesia Rp192 Triliun

Aliran modal asing yang masuk ke Indonesia, terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp119,3 triliun dan pasar saham senilai Rp72,2 triliun.

BERITA , NASIONAL

Jumat, 26 Jul 2019 15:47 WIB

Author

Resky Novianto

BI: Aliran Dana Asing ke Indonesia Rp192 Triliun

Ilustrasi

KBR, Jakarta - Hingga 25 Juli 2019, Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing masuk ke dalam negeri sebesar Rp192,5 triliun.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, aliran modal asing yang masuk ke Indonesia, terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp119,3 triliun dan pasar saham senilai Rp72,2 triliun.

"Modal asing masuk sampai tanggal 25 juli totalnya adalah Rp192,5 triliun totalnya terdiri dari Rp119,3 itu ke SBN Rp72,2 itu ke saham. Ini mengkonfirmasi bahwa aliran modal asing masuk ke dalam portofolio investasi di indonesia, masih terus positif menunjukkan kepercayaan investor terhadap ekonomi indonesia," ucap Perry ditemui di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menambahkan, aliran modal asing saat ini terus didorong, akibat perekonomian nasional yang stabil serta kuatnya daya tarik investasi.

Dengan perkiraan tersebut, katanya, neraca pembayaran akan tetap terjaga, sehingga mampu menopang stabilitas eksternal Indonesia.

"Terhadap respons yang ditempuh oleh otoritas baik pemerintah Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, juga terkait imbas hasil yang menarik di indonesia," jelas Perry.

Dalam catatan BI, perkembangan itu terlihat pada neraca perdagangan Indonesia Juni 2019 yang kembali mencatat surplus sebesar $196 juta, setelah pada bulan sebelumnya juga mencatat surplus $22 juta.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18