BERITA

MUI Kecam Kampanye Hitam Saat Pemilu

"KBR, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam kampanye hitam selama pemilu. Kampanye hitam bisa mengurasi kualitas demokrasi."

Dirgantara Reksa

MUI Kecam Kampanye Hitam Saat Pemilu
MUI, kampanye hitam, pemilu

KBR, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam kampanye hitam selama pemilu. Kampanye hitam bisa mengurasi kualitas demokrasi.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin dalam Konferensi Pers menyambut Ramadhan 1435 H di Kantor Pusat MUI Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (24/6).

“MUI mengecam keras semua tindak black campaign yang berbentuk fitnah maupun ghibah. MUI juga meminta berbagai bentuk black campaign dihentikan, termasuk politik uang," tegas Din.

Sayangnya, MUI tidak mempunyai wewenang khusus seperti aparat kepolisian ataupun Bawaslu untuk menindak kampanye hitam itu. MUI hanya bisa memberikan kecaman dan fatwa terhadap kampanye capres-cawapres.

Konferensi Pers ini berlangsung kurang lebih dua jam dan dihadiri oleh sekitar seratus orang dari berbagai organisasi masa Islam seperti Syarekat Islam, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI), Persatuan Islam Indonesia (Persis), dan Aisyiyah.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • MUI
  • kampanye hitam
  • pemilu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!