Tarif Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Berlaku Mulai 17 Mei 2019

Setelah dua bulan dibuka gratis untuk masyarakat, mulai tanggal 17 Mei 2019 tarif Tol Bakauheni – Terbanggi Besar resmi diberlakukan.

NASIONAL , BERITA

Selasa, 14 Mei 2019 16:14 WIB

Author

Adi Ahdiat

Tarif Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Berlaku Mulai 17 Mei 2019

Tol Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung. (Foto: www.pu.go.id)

Setelah dua bulan dibuka gratis untuk masyarakat, mulai tanggal 17 Mei 2019 tarif Tol Bakauheni – Terbanggi Besar resmi diberlakukan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 305/KPTS/M/2019, besaran tarif terjauhnya adalah:

  1. Kendaraan Golongan I: Rp112.500
  2. Kendaraan Golongan II dan III: Rp168.500
  3. Kendaraan Golongan IV dan V: Rp224.500


Lebih Cepat, Hemat dan Aman

Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sudah mulai beroperasi sejak Maret 2019. Selama dua bulan masa sosialisasinya, tol ini dikabarkan telah memberi sejumlah manfaat bagi masyarakat.

Menurut lansiran Kementerian PUPR, Tol Bakauheni – Terbanggi Besar bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan secara signifikan, hingga mampu mendorong intensitas pergerakan orang dan logistik.

Hal itu dikonfirmasi oleh Paeng Harahap (40) yang berprofesi sebagai supir truk.

Paeng menyebut, "Saya biasa bawa barang dari Jakarta hingga daerah Palembang atau Jambi. Biasanya lewat jalan biasa itu sekitar 5 jam. Dengan menggunakan jalan tol menjadi 2,5 jam dari Pelabuhan Bakauheni hingga ke Terbanggi Besar. Keamanannya juga lebih terjamin, kalau lewat jalan biasa agak rawan banyak pungutan liar," jelasnya.

Pengalaman positif dirasakan pula oleh Roni (24). Menurut Roni, sebelum ada tol ini para supir truk harus melewati jalan lintas Sumatera, yang kalau macet bisa memakan waktu seharian.

"Kalau lewat jalan tol 2 jam sudah tembus dari pelabuhan. Alhamdulillah cepat. Dalam seminggu bisa 3 kali pulang pergi Jakarta, tadinya hanya 1 kali," tutur Roni.

Omik (26), supir mobil rental, juga merasa diuntungkan dengan keberadaan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. "Dengan kondisi jalan yang bagus, konsumsi bahan bakar lebih hemat sehingga memangkas biaya," ujar Omik.


Tersambung Sampai Palembang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, khusus mudik Lebaran 2019 ini Tol Bakauheni – Terbanggi Besar akan tersambung dengan ruas tol fungsional hingga ke Palembang.

Demi menjaga kelancaran perjalanan, Menteri Basuki juga berpesan kepada pemudik supaya menjaga perilaku berkendara, menaati peraturan dan rambu lalu lintas, serta menyiapkan kartu e-toll dengan saldo yang cukup.

Editor: Agus Luqman
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.