Jokowi Ikut Inisiasi Pertemuan Prabowo-Jusuf Kalla

Jokowi tak membantah pertemuan Prabowo-JK untuk muluskan rencana pertemuannya dengan Prabowo

BERITA | NASIONAL

Jumat, 24 Mei 2019 21:36 WIB

Author

Dian Kurniati, Kevin Candra

Jokowi Ikut Inisiasi Pertemuan Prabowo-Jusuf Kalla

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai bertemu dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Dalam pertemuan tersebut BJ Habibie mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Wi

KBR, Jakarta - Cawapres inkumben Joko Widodo menyebut ikut menginisiasi pertemuan antara Jusuf Kalla dengan Prabowo Subianto di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (23/05/2019). 

Jokowi mengatakan, pertemuan itu hasil inisiatifnya bersama JK. Ia juga tak membantah agenda itu bertujuan memuluskan rencananya bertemu langsung dengan Prabowo. Namun, Jokowi masih menunggu laporan dari JK soal hasil pertemuan tersebut. 

"Saya belum ketemu Pak JK. Harusnya tadi pagi dengan pak Wapres. Tapi karena beliau ada urusan, dan saya juga ada acara, jadi waktunya belum ketemu. Kalau sudah bertemu nanti saya sampaikan,"kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (24/05/2019).

Sementara itu, pasangan Prabowo di Pilpres 2019, Sandiaga Uno mengatakan, pertemuan Prabowo-JK merupakan bagian dari komunikasi politik pasca-Pemilu. Kepada JK, Prabowo menyampaikan bahwa langkah-langkah yang ditempuhnya sesuai koridor konstitusi. Mereka juga menyinggung soal aksi 22 Mei

"Harapan kita bahwa apa yang ditemukan penyimpangan dan apa yang menjadi kekecewaan masyarakat yang diaspirasikan melalui aksi damai ini, tidak menjadi salah satu masalah yang menghambat ekonomi kita," kata Sandi. 

Sandi menyebut belum ada rencana Prabowo bertemu Jokowi, meski ia tak menutup kemungkinan hal itu bisa terealisasi. 

"Belum ada rencana ini (pertemuan Prabowo-Jokowi), hanya tentunya sebuah pertemuan yang dirancang untuk melakukan komunikasi sehingga tidak tersendat komunikasi langsung antara tokoh bangsa," lanjut Sandi.

Jokowi telah berulang kali mengungkapkan keinginannya untuk bertemu Prabowo. Keinginan ini bahkan telah tercetus sejak usai pencoblosan 17 April lalu. Menurutnya, pertemuan dengan Prabowo untuk mendinginkan suasana pasca-Pemilu.

"Ya kan dilihat baik oleh masyarakat, akan dilihat baik oleh rakyat, mendinginkan suasana, bahwa di elite-elite politik juga rukun-rukun saja, enggak ada masalah. Saya kira, paling penting itu. Kalau elitnya rukun, baik-baik saja, di bawah juga akan dingin, akan sejuk," tutur Jokowi

Jokowi menambahkan, pertemuan dengan Prabowo sekedar untuk silaturahmi dan tak akan membicarakan isu-isu spesifik. Sebelum menginiasi pertemuan Prabowo-JK, Jokowi juga berupaya melobi Prabowo dengan mengirim utusan yakni Menko Maritim Luhut Panjaitan.  

Editor : Ninik Yuniati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Basarnas Jabar Targetkan Nol Persen Kecelakaan Laut Pada 2020

Singapura Larang Total Iklan Minuman Manis dalam Kemasan

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7