BERITA

Nasdem dan PBB Gagal peroleh Kursi DPRD Trenggalek

"Dua partai Politik Peserta Pemilu Legislatif di Trenggalek, Jawa Timur, gagal mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) kabupaten. Kedua pertai politik tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Nasdem."

Adhar Muttaqin

Nasdem dan PBB Gagal peroleh Kursi DPRD Trenggalek
Nasdem, PBB, Kursi DPRD Trenggalek

KBR, Trenggalek  - Dua partai Politik Peserta Pemilu Legislatif di Trenggalek, Jawa Timur, gagal mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) kabupaten. Kedua pertai politik tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Nasdem.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek, Patna Sunu mengatakan, kedua partai politik tersebut tidak mendapatkan alokasi kursi parlemen karena perolehan suaranya tidak memenuhi ambang batas minimal suara yang ditentukan. 

Menurutnya dari sepuluh partai yang lolos ke parlemen, PKB dan PDI Perjuangan mendapatkan jatah kursi paling banyak yakni sembilan orang. Sementara Partai Demokrat, PKS dan Partai Golkar mendapatkan lima kursi.

"Hari ini rapat pleno terbuka untuk penetapan kursi kursi partai politik dan penetapan calon terpilih. Proses penetapan setelah penetapan ini kami menunggu ada atau tidaknya sengketa atau gugatan pemilu terhadap hasil di kabupaten ke Mahkamah Konstitusi," katanya, Senin (12/5).

Patna Sunu menambahkan, Partai Gerindra yang pada pemilu sebelumnya tidak mendapatkan kursi, kali ini mampu meloloskan empat calegnya ke parlemen. Sementara itu Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hanura  mendapatkan tiga kursi. Sedangkan PKPI dan PPP masing-masing hanya mendapatkan jatah satu kursi DPRD.

KPU mengaku dalam penetapan kali ini tidak ada satu pun saksi parpol maupun caleg yang mengajukan keberatan maupun protes, hanya saja pihaknya masih menunggu hingga beberapa hari ke depan, guna memastikan ada atau tidaknya peserta pemilu yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Editor: Anto Sidharta

  • Nasdem
  • PBB
  • Kursi DPRD Trenggalek

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!