BERITA

6 Orang Keluarga Kepala Daerah Lolos Jadi Legislator di Papua

"Sebanyak enam keluarga dekat kepala daerah di Papua lolos menjadi legislator untuk periode lima tahun ke depan."

Katharina Lita

6 Orang Keluarga Kepala Daerah Lolos Jadi Legislator di Papua
Keluarga Kepala Daerah, Legislator di Papua

KBR, Jayapura - Sebanyak enam keluarga dekat kepala daerah di Papua lolos menjadi legislator untuk periode lima tahun ke depan. (Baca:
Demokrat Kuasai Hampir Sepertiga Kursi DPR Papua)

Keenam orang tersebut adalah Khristina Luluporo, caleg PDI Perjuangan, istri dari Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano. Kedua, Yakoba Yola Lokbere, caleg PDI Perjuangan dan istri dari Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo. Ketiga, Libert Kristo Ibo, caleg Partai Demokrat, anak dari Bupati Puncak Jaya Henock Ibo.

Legislator ke empat adalah Ferdinand Tinal, caleg Golkar, adik kandung dari Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. Kelima, Robert Rouw, caleg Gerindra, adik kandung Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar. Dan yang terakhir adalah John Banua Rouw, caleg dari Demokrat, adik kandung dari Wakil Bupati Jayawijaya, John Banua.

Anggota KPU Papua, Tarwinto mengatakan, dari enam orang ini, empat orang diantaranya duduk di kursi DPR Papua dan sisanya di DPR RI. "Dari enam orang ini, hanya satu diantaranya adalah muka lama yakni John Banua Rouw yang sebelumnya telah duduk di kursi DPR Papua. Keenamnya memperoleh puluhan ribu suara dan lolos menjadi legislator," jelasnya, Rabu (14/5).

Sedangkan data dari KPU setempat tercatat hanya ada 15 orang anggota dewan petahana atau incumbent dari 55 orang yang akan duduk di kursi DPR Papua. Sehingga nantinya anggota  DPR Papua akan didominasi oleh pendatang baru.

Perolehan kursi di parlemen tingkat provinsi periode tahun ini mengubah kuota untuk keterwakilan perempuan. Dari tahun sebelumnya hanya ada lima perempuan, kini ada enam perempuan., Mereka adalah Yanni dari Partai Gerindra, Khristina Luluporo, Marthena Mamoyao dan Yakoba Yola Lokbere dari PDI Perjuangan, Maria Demetouw dari Partai Demokrat dan Herlina Beatrix Mon dari Partai NasDem.

Editor: Anto Sidharta

  • Keluarga Kepala Daerah
  • Legislator di Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!