Masih Positif Covid-19, Pasien 1 dan 2 Batal Pulang

"Padahal sudah masuk hari yang ke 7, masih positif juga. Oleh karena itu kita masih belum akan menyatakan untuk bisa melepaskan perawatannya,”

BERITA | NASIONAL

Senin, 09 Mar 2020 16:21 WIB

Author

Dwi Reinjani

Masih Positif Covid-19, Pasien 1 dan 2 Batal Pulang

Petugas memarkir mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, dari hasil pemeriksaan kedua pasien 01 dan 02, didapatkan hasil bahwa kedua pasien masih positif Covid-19. Menurut Yuri, keadaan fisik mereka  baik hanya saja kesehatan mental mereka terganggu, lantaran tertekan dengan tersebarnya identitas mereka di masyarakat.

“Bahwa memang sekarang yang didominasi oleh pasien 01 dan 02 ini adalah beban psikologis. Akibat ID, identitasnya sudah terpublikasi, ini menjadi pukulan berat secara psikologis mereka berdua, dan pemeriksaan yang kita dapatkan hasil pemeriksaan yang kita dapatkan dari spesimen kemaren. Padahal sudah masuk hari yang ke 7, masih positif juga. Oleh karena itu kita masih belum akan menyatakan untuk bisa melepaskan perawatannya,” ujar Yuri  di kantor presiden, Senin (09/03/2020).

Menurut Yuri, salah satu pemicu masih positifnya hasil PCR dan genom dari kedua pasien tersebut, lantaran kondisi psikologi yang tertekan mempengaruhi sistem imunitas kedua pasien tersebut.

“Mereka agak tertekan dengan itu. Dan ini saya katakan dari awal bahwa faktor psikologis akan berpengaruh terhadap status imunitas seseorang.” Ujar Yuri.

Selain kedua pasien 01 dan 02, pasien 03 dan 04 juga dalam posisi psikologis terganggu. Lantaran takut jika identitas mereka juga tersebar. Namun Yuri mengatakan pemerintah dan tim kesehatan menjamin bahwa tidak akan ada identitas pasien Covid-19 manapun lagi yang akan tersebar keluar.

Pada Minggu (08/03) kemarin Pemerintah menyebut kondisi empat WNI pasien yang terkonfirmasi positif virus Covid-19 yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso sudah membaik. Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Kasus Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, pasien 1 dan 2 sudah tidak lagi demam.

Kata dia, Tim medis tengah menunggu hasil uji laboratorium kedua pasien tersebut, apabila menunjukkan hasil negatif, maka pasien sudah boleh pulang.


"Empat positif kondisi baik.  3 dan 4 sudah tidak demam lagi kemarin kita laporkan demam. Batuk masih, pilek berkurang, sudah tidak keliatan letih dan lesu lemah tidak. Mudah-mudahan dengan perawatan yang bagus, tidak terlalu lama lagi sembuh dan bisa kita pulangkan," kata Yuri di Istana Kepresidenan, Minggu  (8/3/2020).


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Pemerintah Akui Penerapan PSBB di Daerah Sulit

Kabar Baru Jam 17