Amerika Iran Tegang, Menlu Bersiap Evakuasi Ribuan WNI

"Mau tidak mau kita harus bergerak bersama. Saya sudah juga berbicara dengan Bapak Panglima"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 09 Jan 2020 11:54 WIB

Author

Dian Kurniati

Amerika Iran Tegang, Menlu  Bersiap Evakuasi Ribuan WNI

Peti jenazah Mayor Jenderal Pasukan Iran Quds Qassem Soleimani, diangkat sebelum upacara pemakaman. di kampung halamannya di Kerman, Iran, Rabu (8/1/2020).

KBR, Jakarta-  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mulai menghubungi Panglima TNI Hadi Tjahjanto untuk bersiap-siap mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Iran dan Irak, jika konflik Iran-Amerika Serikat terus memanas. Retno mengatakan, pemerintah sudah bersiap mengevakuasi ribuan WNI di sana, meski masih mengusahakan Iran-As bersedia menurunkan ketegangan konflik mereka.

Ia memastikan, pemerintah akan mengutamakan keselamatan ribuan WNI yang kini berada di Iran dan Irak.

"Kalau evakuasi besar-besaran memang harus dilakukan, semoga itu tidak terjadi. Seperti yang pernah kita lakukan di Yaman, maka mau tidak mau kita harus bergerak bersama. Saya sudah juga berbicara dengan Bapak Panglima mengenai masalah kerja sama yang mungkin akan kita lakukan dalam konteks evakuasi warga negara Indonesia," kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (09/01/2020).

Retno berkata telah berkoordinasi dengan perwakilan negara Indonesia di Iran dan Irak untuk menyiapkan evakuasi WNI. Ia berkata, pemerintah juga bersiap membuat langkah serupa pada negara-negara yang berlokasi di dekat Iran dan Irak, jika konflik meluas.

Retno menyebut, saat ini Kemenlu mencatat ada 400 orang WNI di Iran dan 800 orang di Irak. Namun, Kedutaan Besar RI di kedua negara tersebut juga mengantisipasi jumlahnya bertambah, karena bisa saja ada WNI yang tidak melapor.

Retno berkata, KBRI telah merilis imbauan agar WNI yang belum melapor segera menghubungi hotline di wilayah masing-masing, untuk memudahkan evakuasi. 

Kawasan itu memanas usai serangan pesawat tanpa awak milik Amerika  menewaskan Jenderal Iran, Qasem Soleimani, di Irak, Jumat (3/1/2020). Iran pada Rabu (08/01) membalasnya dengan mengirimkan puluhan roket ke pangkalan Amerika Serikat di Irak.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17