Share This

Jemaat GKI Yasmin Tagih Konsep Bima Arya Soal Gereja dan Masjid

Wacana tersebut sudah disampaikan Bima Arya pada Natal 2016 lalu.

BERITA , NASIONAL

Minggu, 22 Jan 2017 19:39 WIB

Author

Gilang Ramadhan

Jemaat GKI Yasmin Tagih Konsep Bima Arya Soal Gereja dan Masjid

Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia. Foto: Gilang Ramadhan/KBR

KBR, Jakarta- Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin menagih janji Wali Kota Bogor, Bima Arya yang akan membahas teknis pembangunan gereja yang berdampingan dengan masjid di Kawasan Taman Yasmin. Menurut juru bicara GKI Yasmin, Bona Sigalingging, wacana tersebut sudah disampaikan Bima Arya pada Natal 2016 lalu. Namun, sampai sekarang kata dia, tim yang dijanjikan untuk membahas hal tersebut belum juga terwujud.

"Namun sampai dengan sekarang Pak Bima belum  memulai perbincangan teknis itu, sehingga sampai sekarang kita masih belum dapat masukk ke gereja dan menggunakan rumah bibadah kita yang sah," kata Bona kepada KBR di sebrang Istana Negara, Minggu (22/01/17).

Ia berharap Bima Arya akan merealisasikan wacana tersebut paling lambat pada awal Februari mendatang.

"Kita berharap dalam sisa januari ini atau awal februari Pak Bima akan memulai langkah kongkritnya melaksanakan deklarasi yang sudah ia samapaikan," tambahnya.

Ia juga meminta Presiden Joko Widodo ikut mengawal penyelesaian pembangunan Gereja GKI Yasmin di Bogor dan penyelesaian masalah Gereja HKBP Filadelfia di Bekasi. Menurutnya, Jokowi berkewajiban memastikan Wali Kota Bogor dan Bupati Bekasi patuh terhadap konstitusi. Jemaat kedua gereja ini berharap Jokowi mewujudkan kerja nyata dengan melindungi warganya beribadah.

"Kita belum bisa menikmati gereja sebagai tempat peribadatan," ujar Bona.

Baca: GKI Yasmin: Walikota Tawarkan Konsep Masjid dan Gereja Berdampingan

Hari ini, jemaat GKI Yasmin dan HKBP Fildelfia melaksanakan ibadah minggu ke 136 di seberang Istana Negara. Padahal Mahkamah Agung (MA) telah  menolak permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Pemkot Bogor pada 2010. Sementara itu, HKBP Filadelfia masih disegel Bupati Bekasi meski gugatan HKBP Filadelfia dimenangkan oleh PTUN Bandung dengan empat keputusan.


Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.