HEADLINE

Lava Gunung Baru jari Mengalir ke Danau, BPBD Naikkan Status Waspada III

"Aliran lava ke Danau Segara Anak menyebabkan air meluap hingga ke sungai Kokoh Putik."

Hanapi

Lava Gunung Baru jari Mengalir ke Danau, BPBD Naikkan Status Waspada III
Semburan abu gunung Baru Jari dilihat dari desa Sembalun (Foto: KBR/Hanapi)

KBR, Lombok -   Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB menaikkan status waspada III terkait aktifitas erupsi gunung Barujari. Erupsi  cenderung menurun akan tetapi aliran lava yang mengarus ke Danau Segara Anak menyebabkan air danau meluap hingga ke sungai Kokoh Putik yang menjadi perbatasan Lombok Timur dengan Lombok Utara.

Kepala Dinas BPBD Propinsi NTB M. Azhar mengatakan, untuk mengatisipasi apabila terjadi luapan lava yang mengalir ke sungai, BPBD sudah menyiapkan beberapa posko pengungsian seperti di desa Sembalun, Senaru, Sambik Elen, dan Loloan.

“Semburannya katanya kecil, tapi permukaan lava yang masuk ke Danau Segara Anak terus membesar, airnya sudah melimpah ke kali Kokoh Putik, kemudian kita sudah mempersiapkan posko-posko, Sembalun, Senaru Sambik Elen, semua sudah siap Loloan juga,” ungkap M. Azhar (10/11/2015).

M. Azhar menambahkan, luapan air danau terjadi sejak pukul 13.00 WITA, semua warga sudah di himbau untuk waspada melalui corong-corong masjid. Polisi dan TNI sudah disiagakan di setiap posko pengungsian apabila sewaktu-waktu ada kondisi darurat.



Editor: Rony Sitanggang
 

 

  • letusan gunung jari baru
  • lava engalir ke danau segara anakan
  • status naik waspada III
  • Kepala Dinas BPBD Propinsi NTB M. Azhar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!