Depresi Ditinggal Pacar, Selama 24 Tahun Dartam Dipasung

Dartam dipasung karena sering mengamuk

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 27 Nov 2015 21:01 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Depresi Ditinggal Pacar, Selama 24 Tahun Dartam Dipasung

Dartam dipasung di kandang selama 24 tahun (Foto: KBR/M. Ridlo))

KBR, Banyumas  – Lantaran sering mengamuk,  warga Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Dartam (54) dipasung di kandang yang mirip kandang kambing. Kandang ini hanya seukuran 1,5x1,5 meter, beralas  bambu dan beratap asbes. Tinggi kandangnya pun hanya 1,2 meter.
 
Adik Dartam, Karsiwen mengatakan kakaknya ini terpaksa dikurung karena sering mengamuk ke tetangga. Ia mengaku khawatir, jika dikeluarkan dari kandang, Dartam akan membahayakan tetangganya. Bahkan, orang tua mereka pernah dipukul hingga babak belur oleh Dartam yang saat itu belum dikerangkeng. Dartam juga kerap menebang pohon apa saja saat kumat.

Karsiwen mengungkap Dartam sudah dikurung di kandang seukuran kandang ayam ini sejak tahun 1991. Saat itu, Dartam masih bujang. Karsiwen menyebut, Dartam mengalami Depresi setelah pacarnya menikah dengan orang lain.
 
"Ya itu tadi saya sudah bilang. Pacarnya banyak, jadinya panasten, panas tinggi pokoknya, stress. Tapi sudah parah, jadi mau dibawa ke mana-mana tidak diperbolehkan oleh keluarga. (Parahnya seperti apa?) Alah pokoknya begitu," urai sang adik Karsiwen kepada KBR, Jumat (27/11).

Karsiyem melanjutkan, "(Sejak kapan?) Sudah lama, sejak bujang, sepertinya sudah 25 tahun. (Kenapa ditaruh sini) Tadinya saya yang seperti ini, mohon maaf, kalau tidak ditaruh di kandang seperti ini, sering menebang kandang dijuali."

 Karsiwen mengungkapkan, sebenarnya dia ingin agar Dartam bisa sembuh total. Dartam pernah diobati di Rumah Sakit Jiwa. Setelah dinyatakan sembuh, nyatanya Dartam kembali mengamuk. Dartam juga sering melempari mobil atau motor yang lewat di depan rumahnya dengan benda apa saja.Saat itu Dartam masih remaja.
 
Dartam dipasung di kerangkeng seukuran kandang ayam. Saking pendeknya kandang, selama ini dartam hanya bisa duduk dan jongkok. Dartam makan, tidur dan buang air besar di dalam kandang. Secara berkala, Karsiwen membersihkan tempat tinggal Dartam.

Karsiwen berharap pemerintah memberikan keringanan untuk pengobatan Dartam. Ia ingin Dartam sembuh dan bisa kembali ke tengah masyarakat.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Bangun Lumbung Pangan, Jokowi Tunjuk Kemenhan Bukan Kementan