HEADLINE

Korban Tewas Karena Asap, Capai 19 Orang

"Selain belasan tewas, 500 ribu warga lainnya menderita gangguan pernafasan"

Agus Lukman

Korban Tewas Karena Asap, Capai 19 Orang
Ilustrasi: citra satelit (Foto: www.satelit.bmkg.go.id)

KBR- Korban meninggal karena dampak kabut asap di Indonesia bertambah menjadi 19 orang. Kementerian Sosial menyebutkan para korban berasal dari Sumatera dan Kalimantan, di mana daerah itu paling parah terpapar polusi asap pekat hasil pembakaran hutan dan lahan. Lebih dari dua bulan ini ribuan titik api muncul di dua kawasan tersebut, yang diduga dipicu dari aktivitas pembukaan lahan oleh perusahaan dengan cara membakar lahan. Hingga saat ini diperkirakan ada setengah juta warga di Sumatera dan Kalimantan menderita gangguan pernafasan karena menghirup udara yang pekat dengan asap kebakaran. 

Kebakaran di Sumatera sudah mulai terjadi sejak Juli lalu. Hingga kini bencana asap dan kebakaran hutan belum bisa ditangani. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan menyalahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG yang tidak akurat dalam memperkirakan dampak fenomena El Nino. Padahal sudah pertengahan lalu BMKG memperingatkan fenomena El Nino bakal membuat kekeringan panjang di tahun ini.  (berbagai sumber)

Editor: Dimas Rizky

  • lingkungan hidup
  • kabut asap
  • kebakaran hutan dan lahan
  • korban kabut asap
  • berita

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!