HEADLINE

BNPB Sewa Belasan Pesawat untuk Padamkan Karhutla

"Sebanyak 19 helikopter telah disewa dari berbagai negara."

Eli Kamilah

BNPB Sewa Belasan Pesawat untuk Padamkan Karhutla
Ilustrasi (Sumber: Setkab)

KBR, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menyiapkan 19 helikopter untuk melakukan pemadaman api di Kalimantan dan Sumatera. Kepala BNPB Willem  Rampangilei mengatakan 19 helikopter itu disewa dari berbagai negara. Salah satunya Rusia.

Saat ini, BNPB masih mencari dua pesawat tambahan lagi di beberapa negara.  Dua pesawat itu akan langsung dikerahkan ke  Kalimantan Tengah.

“Kita sudah menyewa ada 19 helikopter, tiga air traktor yang disewa LHK. Kita masih mencari tambahan pesawat yang akan langsung dikerahkan ke Kalimantan Tengah. Memang sekarang kesulitan mendapatkan pesawat dan El Nino terjadi di mana-mana. Jadi semua banyak negara yang sudah menyewa terlebih dahulu." Jelas Willem, Kamis (22/10).


Hari ini sejumlah kementerian mengadakan rapat koordinasi menindaklanjuti penanganan kebakaran hutan dan lahan. Presiden Jokowi pun akan mengeluarkan inpres soal itu hari ini. Menurut Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, inpres itu memperkuat wewenang TNI dalam menangani kebakaran, termasuk juga kewenangan pemda dalam upaya evakuasi warga.


Editor: Rony Sitanggang

  • bencana asap
  • inpres bencana asap
  • Kepala BNPB Willem Rampangilei
  • pesawat pemadam karhutla

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!