HEADLINE

BNPB Berniat Perpanjang Bantuan Pesawat Malaysia dan Singapura

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana memperpanjang bantuan pesawat dari Malaysia dan Singapura untuk padamkan asap. "

Rio Tuasikal

BNPB Berniat Perpanjang Bantuan Pesawat Malaysia dan Singapura
Kabut asap di Pontianak, Kalimantan Barat akibat kebakaran lahan dan gambut. Foto: www.setgab.go.id

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana memperpanjang bantuan pesawat dari Malaysia dan Singapura untuk padamkan asap.

Pesawat bantuan dari Malaysia sedianya hanya beroperasi lima hari dan Singapura hanya 13 hari. Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo, menyatakan pihaknya akan meminta perpanjangan sesuai dengan kondisi di lapangan


"Nanti sesuai kebutuhan. Rencananya kan cuma lima hari," ujarnya di KBR Pagi, Senin (12/10/2015) pagi.

"Sesuai dengan perkembangan, nanti bisa kita perpanjang kalau memang memungkinkan," jelasnya.

Sutopo menambahkan, petugas pemadam dari Malaysia dan Singapura pun mengaku kesulitan memadamkan api di Sumatera. Petugas Malaysia mengatakan medannya sangat sulit.


Sementara petugas Singapura meminta koordinat pemadaman yang lebih tepat - karena titik apinya terlalu banyak. Pesawat bantuan dari Malaysia dan Singapura itu sudah diikutkan dalam water bombing kemarin.

Sementara pesawat dari Australia akan datang Rabu ini. Di samping itu, bantuan dari Rusia, Tiongkok, dan Korea belum jelas bentuk dan waktu kedatangannya.




Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • BNPB
  • sutopo purwo nugroho
  • perpanjangan bantuan pesawat
  • Malaysia
  • Singapura

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!