Pelaku Pembakaran Lahan, Kapolri: Indikasinya Perorangan

BERITA | NASIONAL

Selasa, 08 Sep 2015 15:34 WIB

Author

Bambang Hari

Pelaku Pembakaran Lahan, Kapolri: Indikasinya Perorangan

Ilustrasi: Potensi kebakaran (Situs BMKG)

KBR, Jakarta - Kepolisian Indonesia hingga kini terus menyelidiki kasus kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. Kepala Kepolisian Indonesia, Badrodin Haiti menjelaskan, mereka yang diduga sengaja membakar hutan bakal dijerat dengan Undang-undang Lingkungan Hidup. Selain itu kata dia, polisi juga bisa menjerat mereka dengan Undang-undang lain, semisal Undang-undang Kesehatan.

"Indikasi awal memang perorangan. Tapi kalau itu termasuk konsesi di bawah PHGU nya orang dan tentu kan ada kaitannya. Tinggal bagaimana mencari pembuktiannya nanti. (Dijerat Undang-undang apa?) UU Lingkungan Hidup ada. (Kalau UU Kesehatan?) Bisa juga. Tapi kita harus mendata dulu masyarakat yang terkena dampaknya," ujarnya di Gedung DPR, Selasa (8/9/2015).

Sebelumnya Kepala Kepolisian Indonesia Badrodin Haiti mengaku memerlukan kerja ekstra agar pelaku pembakaran hutan dapat dibawa ke pengadilan. Sebab, pihaknya merasa kesulitan mengungkap pelaku kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Editor: Rony Sitanggang

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10