Bagikan:

Menyusul Tomat, Harga Bawang Turun Seribu Persen

Menteri Pertanian Amran Sulaiman membenarkan harga bawang di sejumlah daerah terjun bebas.

BERITA | NASIONAL

Senin, 17 Agus 2015 16:33 WIB

Menyusul Tomat, Harga Bawang Turun Seribu Persen

KBR, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman membenarkan harga bawang di sejumlah daerah terjun bebas.

Misalnya di Nganjuk, Jawa Timur. Harga bawang dari Rp 40 ribu per kilogram kini berada di kisaran Rp 4 ribu per kilo.

"Harga bawang turun 1000 persen. Dari Rp 40 ribu turun 4.000 - Rp 3.500. Itu dii Nganjuk. Untuk mengatasi stok bawang melimpah, minggu depan kita ekspor," kata Amran di Istana Kepresidenan, Senin (17/8/2015).

Di Jakarta, harga bawang sempat menembus angka Rp38 ribu per kilogram. Itu harga sebelum lebaran lalu. Setelah itu, harga bawang berangsur turun bersamaan dengan mulai panen raya bawang di sejumlah sentra seperti Brebes, Nganjuk, dan Bima. 

Selain harga bawang, harga tomat yang anjlok kini berada di kisaran Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per kilogram. Padahal kata Amran, normalnya tomat dipatok Rp 5.000/kg. Banyak petani merugi, karena tomat mereka dibeli pedagang atau pengepul seharga Rp200-Rp500 per kilogram.

Untuk mengatasi harga tomat yang turun, Bulog akan membeli langsung dari petani agar harga kembali normal. Selepas itu didistribusi ke daerah yang membutuhkan.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Catatan untuk TNI

Most Popular / Trending