HEADLINE

Tembus Kemacetan, Pertamina Minta Mobil BBM Dikawal Polisi

""Kita minta mobil tangki BBM dikawal dari terminal BBM ke SPBU masing-masng.""

Ade Irmansyah

Tembus Kemacetan, Pertamina Minta Mobil BBM Dikawal Polisi
Ilustrasi (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- PT Pertamina meminta pengawalan kepada kepolisian Indonesia terhadap kendaraan pengangkut BBM agar tidak terjebak macet dalam pendistribusian BBM pada arus balik nanti. Juru bicara PT Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, hal itu dilakukan sabagai evaluasi dari arus mudik kemarin.

Kata dia, pihaknya terkendala pendisribusian BBM ke wilayah yang membutuhkan BBM tambahan.

"Kami sampaikan langsung ke Kakorlantas beserta jajarannya, kita minta mobil tangki BBM dikawal dari terminal BBM ke SPBU masing-masng. Jadi kalau terkena macet, polisi bisa buka jalur kami," ujarnya kepada wartawan di Kantor Korlantas, Jakarta, Kamis (07/07/2016).

Selain itu kata dia, pengawalan juga diminta oleh Pertamina di beberapa SPBU di wilayah yang berpotensi mengalami kemacetan saat arus balik nanti. Tujuannya kata dia agar tidak ada pembeli BBM yang menggunakan jerigen.

"16 lokasi SPBU Tegal dan Brebes, kami mapping, banyak sekali diserbu eceran. Kami minta dikawal agar masyarakat bisa mengisi secara nyaman. Kita bilang kepada kepolisian kalau isi jirigen gak boleh. Cuma boleh ke kendaraan, kami tidak bisa secara langsung melarang soalnya," ujarnya lagi.

Pihaknya kata dia juga bakal menyiapkan sejumlah kendaraan pembawa bensin (dispenser) yang dapat langsung mengisi bahan bakar kendaraan di jalan tol. Kata dia, mobil dispenser tersebut akan terus bergerak di sepanjang jalur tol yang dilanda kemacetan. Penambahan armada pengangkut bahan bakar untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan BBM pada arus balik di sekitar Tol Brebes juga bakal dilakukan.

"Kita tambah 25 pasang awak mobil pertamina di depot atau terminal BBM Tegal, lebih dari 400 armada mobil tangki kita jalankan di Bresbes, Tegal, Slawi, hingga ke perbatasan Brebes-Cirebon. Kita tambah pasokan tidak hanya berdasarkan 1 terminal BBM di Tegal, tambah juga di tiga terminal BBM lainnya, terminal di  Maos, Pangapon di Semarang, dan Balongan kta dorong masuk ke Jawa Tengah," ujarnya.

Editor: Dimas Rizky 

  • arus balik
  • Pertamina
  • pasokan BBM
  • korlantas

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!