HEADLINE

BMKG: Hujan Lebat di Jateng, Lampung, dan Bali, Pemudik Diminta Hati-hati

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan masih akan turun di sejumlah wilayah yakni Jawa Tengah, Lampung, sampai Bali. "

Ria Apriyani

BMKG: Hujan Lebat di Jateng, Lampung, dan Bali, Pemudik Diminta Hati-hati
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau cuaca. Foto: Muhammad Ridlo/KBR

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan masih akan turun di sejumlah wilayah yakni Jawa Tengah, Lampung, sampai Bali.

Kepala Bidang Meteorologi Maritim BMKG, Agus Wahyu, mengatakan pemudik perlu mewaspadai curah hujan ringan hingga sedang di beberapa daerah tersebut.


"Peluang hujan itu di Jawa, kemudian di Lampung, Sumatera Barat, kemudian Bali. Ringan sampai sedang," ujar Agus, Senin (4/7/2016).


Di Jawa Tengah, kecepatan angin rata-rata sekitar 20 km/jam. Beberapa daerah seperti Blora, Rembang, Pati, Mungkid, Temanggung, Pemalang, dan Slawi akan berawan. Sementara hujan lebat akan terjadi di Lampung tepatnya di daerah Kalianda, Menggala, Sukasana, Bandar Lampung, dan Metro. Data prakiraan cuaca ini yaitu prakiraan dari Senin (4/7/2016) pagi, hingga Selasa (5/7/2016) pukul 07.00 WIB.


Baca juga:


Puncak Arus Mudik, 63 Ribu Lebih Penumpang Menyebrang Melalui Pelabuhan Gilimanuk

Banjir di Pasuruan, Perjalanan Kereta Terhambat


Selain itu, menurut Agus, potensi gelombang di wilayah Selatan dan Utara juga masih tinggi karena ada pengaruh angin Timuran dan puncak pasang di Pantai Utara. Sehingga, untuk daerah rendah seperti Semarang akan terjadi banjir rob yang puncaknya terjadi tanggal 5 dan 6 Juli 2017.


"Kemarin itu, ada rob yang cukup tinggi sampai jebol tanggul, itu karena ada anomali juga karena tingginya permukaan laut. Ini disebabkan potensi La Nina,"papar Agus.  (qui) 

  • hujan lebat
  • bmkg
  • pemudik waspada
  • hujan di Jawa Tengah
  • sampai Bali
  • Lampung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!