HEADLINE

DPR Minta TNI Selidiki Dugaan Pesawat Hercules Angkut Penumpang Sipil Ilegal

" Komisi Pertahanan DPR meminta Tim Investigasi TNI segera ungkap penyebab jatuhnya Pesawat Hercules C-130 termasuk dugaan penumpang illegal."

Yudi Rachman

Puing-puing kecelakaan pesawat Hercules. Foto: Antara
Puing-puing kecelakaan pesawat Hercules. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Anggota Komisi Pertahanan DPR Charles Honoris meminta Tim Investigasi TNI segera mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatera Utara. Investigasi diperlukan termasuk mencari tahu kebenaran dugaan penumpang illegal di pesawat tersebut. Sebab menurut Charles Honoris, jika benar terdapat penumpang sipil illegal maka harus ada sanksi tegas dari TNI. Sebab tindakan itu dinilai sangat membahayakan.

"Saya belum berani berspekulasi apakah benar ada penumpang sipil yang tidak berkepentingan naik pesawat itu. Tetapi kalau pun benar, setelah adanya investigasi membuktikan bahwa pesawat ini mengangkut penumpang sipil secara illegal maka harus ada tindakan yang jelas. Maka komandan pasukan tersebut harus dicopot oleh Panglima TNI," jelas Anggota Komisi Pertahanan DPR Charles Honoris kepada KBR, Selasa (30/6).

Charles Honoris menambahkan, apabila terbukti pesawat tersebut mengangkut penumpang sipil ilegal maka komandan skuadron tersebut harus dicopot.

Sebelumnya, Juru bicara TNI Fuad Basya memperkirakan jumlah korban saat ini mencapai 100 jiwa lebih. Pesawat TNI AU jenis Hercules itu jatuh setelah lepas landas sekitar 2 menit dari bekas bandara Polonia, Medan Sumatera Utara.

Editor: Dimas Rizky

  • investigasi
  • penumpang ilegal hercules
  • kecelakaan hercules
  • pesawat hercules
  • pesawat hercules jatuh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!