HEADLINE

Obama Akan Cabut Kuba dari Daftar Negara Penyokong Terorisme

Nurika Manan

Obama Akan Cabut Kuba dari Daftar Negara Penyokong Terorisme
Presiden Barack Obama (foto: Antara)

KBR - Presiden Amerika Serikat Barack Obama secara resmi akan menghapus Kuba dari daftar negara-negara penyokong terorisme. Langkah tersebut diambil ditengah membaiknya hubungan kedua negara tersebut. 

Obama menyebut, pemerintah Kuba tidak menyediakan dukungan dalam bentuk apa pun untuk terorisme internasional. Kata Obama, Kuba menjamin tidak akan menyokong terorisme internasional pada masa mendatang. 

Meski demikian, sekretaris pers gedung putih, Josh Earnest menegaskan, negaranya masih memiliki perbedaan pandangan dengan Kuba terkait kebijakan dan tindakan pemerintah pimpinan Raul Castro itu. 

Namun menurutnya, kini sudah tak relevan lagi memasukkan Kuba ke daftar negara-negara penyokong terorisme. 

Kuba pertama kali ditempatkan dalam daftar tersebut pada 1982. Saat itu AS menuduh Kuba membantu mempromosikan revolusi bersenjata. Menurut laporan tahun 2013, AS juga meyakini Kuba telah menjadi naungan bagi sejumlah kelompok separatis.

Editor: Antonius Eko 

 

  • barack obama
  • kuba
  • terorisme

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!