HEADLINE

Ini Alasan Jokowi Batal Lantik BG

"Presiden Joko Widodo mengatakan Budi Gunawan batal dilantik karena faktor sosiologis dan yuridis. Penjelasan itu disampaikan Jokowi kepada DPR dalam rapat konsultasi di DPR, Senin (6/4/2015)."

Gungun Gunawan, Nurika Manan

Ini Alasan Jokowi Batal Lantik BG
Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Budi Gunawan batal dilantik karena faktor sosiologis dan yuridis. Penjelasan itu disampaikan Jokowi kepada DPR dalam rapat konsultasi di DPR, Senin (6/4/2015) siang ini.

"Pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri menimbulkan perdebatan di masyarakat, dan dalam rangka menciptakan ketenangan di masyarkat, serta kebutuhan Kepolisian Negara Republik Indonesia, kami mengajukan Kapolri yang baru," ujar Jokowi di rapat konsultasi.


Sementara itu, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan mayoritas fraksi yang hadir dalam rapat tersebut tidak keberatan dengan usulan Jokowi mengganti Budi Gunawan dengan Badrodin Haiti.


Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research and Consulting, Jayadi Hanan, mengatakan presiden bisa tetap melanjutkan pengusulan Badrodin Haiti sampai habis masa tenggat 20 hari. Hal tersebut sesuai dengan Undang Undang Polri.


"Menurut Undang-Undang, setelah 20 hari kan otomatis usulan dari Presiden kepada DPR dianggap definitif. Jadi presiden ambil saja langkah itu," ujarnya kepada KBR. 


Jayadi juga meminta presiden bersikap tegas. "Kalau DPR masih saja ngotot setelah Presiden menjelaskan (penundaan pelantikan BG), termasuk PDIP, itu berarti DPR tidak mau bekerjasama dengan Presiden,” pungkasnya.  

Editor : Rio Tuasikal 
  • Joko Widodo
  • Budi Gunawan
  • Badrodin Haiti
  • Kapolri
  • Wakapolri
  • dpr

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!