Sulit Akses Dokumen, Walhi Belum Beri Masukan Amdal Kereta Cepat

Walhi sebut seharusnya pemerintah terbuka terhadap dokumen-dokumen untuk diakses publik

, BERITA , NASIONAL

Sabtu, 06 Feb 2016 20:13 WIB

Author

Ninik Yuniati

Sulit Akses Dokumen, Walhi Belum Beri Masukan Amdal Kereta Cepat

Ilustrasi (Foto: wikimedia)

KBR, Jakarta- LSM Lingkungan Walhi mengaku kesulitan mengakses sejumlah dokumen analisis mengenai dampak lingkungan atau Amdal kereta cepat Jakarta-Bandung. Direktur Eksekutif Walhi Abetnego Tarigan mengatakan, hal ini menyebabkan Walhi belum bisa mengajukan masukan tentang aspek lingkungan dari proyek tersebut. Kata dia, dokumen seperti Rancangan Kelola Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) penting sebagai bahan kajian.

Rencananya, Walhi bakal mengajukan permohonan resmi ke Kementerian Lingkungan Hidup untuk membuka dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

"Akses terhadap dokumen-dokumen itu sebenarnya pemerintah harus membukanya, karena kita kan keterbukaan informasi itu dijamin. Sehingga publik juga menjadi penting untuk tahu sebenarnya RKL, RPL, Amdalnya kayak apa? Karena kan belum Amdal itu. Masih kerangka-kerangka acuan di Amdal. Oleh sebab itu, kami sedang mempelajari dokumen itu. Dan alangkah baiknya memang pemerintah membuka dokumen itu," kata Abetnego kepada KBR, (6/2).

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya membuka peluang revisi dokumen Amdal keret cepat. Kata dia, masyarakat bisa memberi masukan hingga sebulan setelah izin Amdal kereta cepat dikeluarkan 20 Januari lalu. Namun, hingga saat ini, belum ada satu pun masukan yang diajukan ke pemerintah. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak