KPK: 90 Persen Draf RUU Pelemahan

"Jadi adalah salah kalau mereka mengatakan ini adalah penguatan."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 03 Feb 2016 21:04 WIB

Author

Randyka Wijaya

KPK: 90 Persen Draf RUU Pelemahan

KBR, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai  RUU KPK yang saat ini sedang dibahas DPR dapat melemahkan lembaga antirasuah itu. Kata Wakil Ketua  KPK Laode Syarif  terdapat banyak pasal yang dapat melemahkan KPK.

Pasal itu antara lain tentang KPK yang hanya berwenang menyelidiki kasus dengan potensi kerugian negara di atas 25 miliar. Selain itu, dalam melakukan penyadapan dan penyilidikan KPK harus dengan seizin dewan pengawas KPK. Hal ini tentunya akan memperlambat kinerja KPK yang dituntut harus bergerak cepat.

Komisioner KPK Laode Syarif menyatakan sebagian besar RUU KPK adalah pelemahan.

"Saya bisa pastikan kepada teman-teman semua. Sebagian besar dari draf ini adalah pelemahan. Itu sikap resmi dari KPK. Lebih dari 90% bisa di-quote ini pelemahan, bukan penguatan terhadap KPK." Ujar Laode Syarif dalam jumpa pers di Gedung KPK, Rabu(03/02/2016).

Laode Syarif melanjutkan,"Jadi adalah salah kalau mereka mengatakan ini adalah penguatan."

Besok KPK diundang kembali oleh Badan Legislasi untuk menyampaikan respon atas draf RUU tersebut. Pertemuan itu tidak dihadiri oleh komisioner KPK, namun akan dihadiri oleh perwakilan KPK setingkat deputi dan bagian biro hukum.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18