HEADLINE

Gafatar asal Jombang Meminta Harta Kekayaannya Diganti

"Selain tanah, harta benda lain yang hilang di antaranya adalah kendaraan bermotor"

Muji Lestari

Gafatar asal Jombang Meminta Harta Kekayaannya Diganti
Anggota Gafatar diperiksa kesehatannya setiba di Jombang, Jatim dari Mempawah, Kalbar. (Foto: KBR/Muji L.)

KBR, Jombang– Anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Jombang, Jawa Timur, meminta harta bendanya diganti.

Kepada KBR,  anggota  Gafatar asal Kecamatan Kesamben, Musamah, mengatakan, meski rela dipulangkan ke daerah asal, dia dan  anggota Gafatar lainya meminta kepada Pemerintah untuk mengembalikan seluruh harta benda mereka yang terpaksa ditinggal di Kalimantan Barat. Selain tanah, sejumlah harta benda lain yang hilang di antaranya adalah kendaraan bermotor dan beberapa benda berharga lainya.

Sebanyak 19 anggota  Gafatar itu masih ditampung di Asrama SMA negeri 3 Jombang, untuk diberi pendampingan dan pembinaan oleh Pemkab setempat. 

“Rumah kan sudah dijual kan ke adik saya. Sekarang disuruh adik saya pulang juga di rumah saudara saya dulu. Makanya itu kita pengen nuntut kembalikan uangnya. Sebenarnya itu sudah hak milik kita sudah disertifikatkan juga," kata Musamah, Senin (25/01/16).

Musamah  menyatakan baru tiga bulan berada dan bergabung menjadi anggota Gafatar di Kabupaten Mepawah, Kalimantan Barat. Untuk hidup di sana, dia  harus menjual seluruh aset rumah dan tanahnya di Jombang. Dia juga sudah menyetor sejumlah uang kepada pemimpinnya untuk membeli lahan dengan cara mengangsur. Selain untuk tempat tinggal, lahan baru tersebut mereka manfaatkan untuk berocok tanam.


Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, mengatakan, sebelum dipulangkan kepada keluarga masing-masing,  Gafatar asal Jombang itu diwajibkan berada dipenampungan SMA Negeri 3 Jombang untuk mendapatkan pembinaan soal wawasan kebangsaan dan akidah selama tiga hari.  Pembinaan itu melibatkan sejumlah tokoh agama, di antaranya MUI, Kemenag, NU, Muhamadiyah, Agama lain sesuai keyakaninan mereka masing-masing. 


Editor: Rony Sitanggang

  • #gafatar
  • Gerakan Fajar Nusantara
  • #Toleransi
  • Bupati Jombang
  • Nyono Suharli Wihandoko
  • anggota Gafatar asal Kecamatan Kesamben
  • Musamah
  • ganti rugi harta kekayaan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!