Olahraga Mempersatukan

Kita tak lagi ambil pusing latar belakang suku, agama atau apa pun dari si atlet; yang penting dia berjuang untuk Indonesia.

Senin, 03 Sep 2018 05:21 WIB

Pesta Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018

Pesta Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). (Foto: Antara/INASGOC/Rosa Panggabean).

Perhelatan besar itu berakhir sudah. Indonesia menorehkan sejarah baru dalam prestasi olahraga lewat Asian Games 2018. Target medali terlampaui, pesta olahraga berjalan lancar, upacara pembukaan dan penutupan yang menuai pujian serta ada bagitu banyak momen-momen bersejarah yang muncul dari ajang olahraga ini. Mulai dari pelukan antara Joko Widodo dan Prabowo yang dimulai pesilat Hanifan sampai cepatnya pencairan bonus bagi para atlet. 

Olahraga terbukti bisa mempersatukan Indonesia. Kita tak lagi ambil pusing latar belakang suku, agama atau apa pun dari si atlet; yang penting dia berjuang untuk Indonesia. Ini terlihat ketika momen pelukan bersejarah terjadi, langsung disambut dengan #2019KitaTetapBersaudara di media sosial. Warganet paham betul betapa simbolisnya pelukan tersebut di tengah masyarakat kita yang kian terkotak-kotak akibat perbedaan pilihan politik. 

Ini saatnya kita membuktikan kalau semangat kebersamaan bisa terus kita jaga. Pengalaman Pemilu 2014 dan Pilkada Jakarta 2017 sudah lebih dari cukup untuk pelajaran kita; sungguh tak enak rasanya harus memasang sekat tinggi-tinggi hanya karena beda pilihan politik. Kita seharusnya melihat pertarungan politik seperti momen olahraga: kita dukung calon pejabat publik yang berjuang untuk Indonesia. Sekaligus menjaga kewarasan bersama, supaya tak sudi dipecah belah lagi karena politik. 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Puluhan organisasi Masyarakat sipil melalui gerakan #BersihkanIndonesia menantang kedua capres dan cawapres yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2019 mewujudkan komitmen “Indonesia Berdaulat Energi".