Kepercayaan Publik

Dalam survei, kepuasan terhadap kinerja Jokowi mencapai 74 persen. Nama lain yang perolehan dukungannya kecil tak perlu risau, masih ada waktu cukup untuk mendapat kepercayaan warga.

Rabu, 03 Jan 2018 11:37 WIB

Ilustrasi: kandidat presiden

Ilustrasi: kandidat presiden

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan  Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih yang terkuat sebagai calon presiden yang dipilih responden.  Survei elektabilitas Pemilu Presiden  2019, Jokowi meraih 38,9 persen dan Prabowo 10,5 persen. Hasil survei yang digelar Desember lalu itu nyaris tak jauh beda dari yang dilaksanakan 3 bulan sebelumnya. Jokowi bertahan di angka yang sama, Prabowo turun 1,5 persen.

Kedua nama ini terpaut jauh dengan sejumlah nama yang ditawarkan. Bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang dimunculkan hanya beroleh tak sampai 2 persen dukungan dari lebih 1200 responden. Meski hasilnya jauh, tak perlu berkecil hati.

Hasil survei ini bisa jadi modal bagus bagi siapa saja yang berambisi jadi orang nomor satu di negeri ini. Kuncinya ada di kepercayaan publik. Bertenggernya Jokowi di puncak survei juga lantaran itu. Dalam survei, kepuasan terhadap kinerja Jokowi mencapai 74 persen. Nama lain yang perolehan dukungannya kecil tak perlu risau, masih ada waktu cukup untuk mendapat kepercayaan warga.

Caranya tentu tak dengan memajang poster raksasa layaknya Capres atau Cawapres. Tunjukkan dalam ucap dan perbuatan yang tulus untuk kepentingan bangsa dan negara. Bukan dengan fitnah, atau pencitraan yang bisa berbalik malah tak mendapat kepercayaan atau dukungan publik.  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob

  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas
  • MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

pernah melihat atau bahkan mengalami sendiri perlakuan diskriminatif / ujaran kebencian di ruang pendidikan, tempat kerja, lembaga pemerintahan, dan ruang publik lainnya tapi tidak tahu lapor kemana?