[Advertorial] Festival PeSoNa 2017. Hutan untuk Rakyat

Festival PeSoNa merupakan ajang sosialisasi program dan kegiatan dari Ditjen PSKL. Fesival PeSoNa 2017 memiliki tema ““Saatnya Untuk Rakyat"

Rabu, 06 Sep 2017 09:50 WIB

Indonesia kaya akan hutannya. Dari kekayaan akan sumber hutan yang luar biasa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali menggelar Festival PeSoNa atau Festival Perhutanan Sosial Nusantara. Festival PeSoNa merupakan ajang sosialisasi program dan kegiatan dari Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan atau disingkat Ditjen PSKL. Fesival PeSoNa 2017 memiliki tema “Saatnya Untuk Rakyat”. Tema dipilih bukan hanya karena festival ini diadakan oleh Dirjen PSKL yang memiliki ranah hutan sosial, tetapi memiliki makna dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Harapan dari tema yang diangkat tahun ini adalah adanya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sekitar hutan untuk dapat memanfaatkan hutan sebagai sumber kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Festival PeSoNa 2017 digelar dari tanggal 6 hingga 8 September 2017 bertempat di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Acara akan diramaikan oleh sejumlah kegiatan, di antaranya;

  1. Pameran
    Menampilkan aneka produk hasil hutan bukan kayu yang dihasilkan oleh kelompok tani hutan dari berbagai daerah.
  2. Pentas Seni
    Menampilkan seni tradisional dari berbagai daerah seperti Kotekan Lesung dari Kasepuhan Karang, Kentongan dari Banyumas, Calung dari Jawa Barat, Saluang dari Sumatera Barat, Uyau Moris dari Dayak, Angklung Baduy, dan Green Music dari sekelompok pelajar dan mahasiswa.
  3. Sarasehan/Seminar dan Talkshow
    Diikuti oleh Instansi Pemerintah Pusat/Daerah, Akademisi, LSM/NGO, Pokja PS, masyarakat umum, dan para penggiat perhutanan sosial dengan mengangkat tema “Saatnya Rakyat Bicara”.
  4. Santap PeSoNa
    Menghadirkan hidangan olahan dari bahan baku yang diperoleh dari hutan yang disajikan oleh chef berpengalaman.
  5. Temu Usaha (Seller Meet Buyer)
    Ajang pertemuan para kelompok tani penghasil produk perhutanan sosial non kayu (seller) dengan jejaring peningkat kapasitas dan calon penyalur/pembeli (buyer)
  6. Live Mural Event
    Ruang penyaluran untuk bakat dan kreativitas para pemuda yang memiliki hobi mural yang hasil muralnya pun akan diapresiasi dengan cara memajangnya di dinding Gedung Manggala Wanabakti Blok IV dengan sistim jaring laba-laba yang dilakukan oleh pemanjat tebing profesional.

Festival PeSoNa diikuti oleh 73 partisipan/tenant dengan 117 booth yang tersebar di area Gedung Manggala Wanabakti. Festival yang digelar dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak memiliki maksud dan tujuan tertentu, yaitu untu menciptakan kondisi share learning, share experiences, share ideas, dan share budget yang menjadi kekuatan sekaligus semangat dalam membangun kebersamaan di ajang Festival PeSoNa 2017 ini.  


Editor: Paul M Nuh

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Penggantian Ketua DPR Dinilai Tak Perlu Tergesa-gesa

  • PKB: Keputusan Golkar Terkait Posisi Setnov Menyandera DPR
  • Mendagri: Usulan Tim Gubernur Anies Melebihi Kapasitas yang Diatur Undang-undang
  • Golkar Resmi Dukung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim