Jelang Pelantikan Anies-Sandi, BPS Ingatkan Ketimpangan di Jakarta

Berdasarkan data BPS, pada semester pertama 2017, tingkat ketimpangan penduduk DKI Jakarta meningkat

Senin, 16 Okt 2017 13:38 WIB

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno (kanan) acara selamatan DPW PKS DKI Jakarta, Minggu (15/10). (Foto: Antara)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta- Kepala Badan Pusat Statistik Suharyanto mengimbau Gubernur dan Wakil Gubernur baru, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, untuk memfokuskan perhatian pada ketimpangan yang terjadi di Jakarta. Menurutnya, hal tersebut lebih penting dari masalah kemiskinan.

"Ketimpangan masih menjadi masalah utama di Jakarta. Kita tahu masih ada ketimpangan yang tinggi. Kalau kemiskinan, dibandingkan dengan provinsi lain, memang jadi tantangan, tapi bukan jadi yang terberat menurut saya. Ketimpangan lah yang menurut saya harus segera diatasi," kata Suharyanto di kantornya, di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (16/10).

Berdasarkan data BPS, pada semester pertama  2017, tingkat ketimpangan penduduk DKI Jakarta yang diukur dengan gini ratio, tercatat sebesar 0,41. Angka ini meningkat 0,01 poin jika dibandingkan dengan data BPS bulan September tahun lalu, yang bernilai 0,40. Data BPS juga memperlihatkan bahwa rasio gini Jakarta masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional, yaitu 0,393.

Data  Maret 2017, BPS menyimpulkan, distribusi pendapatan kelompok penduduk 40 persen terbawah adalah sebesar 16,09 persen, yang artinya, pendapatan penduduk DKI Jakarta berada pada kategori ketimpangan sedang/menengah.

Itu sebabnya, Suharyanto meminta Anies-Sandi segera mengatasi permasalahan ini. Soal garis kemiskinan, ia mengatakan, cenderung lebih mudah diatasi dari pada ketimpangan. Data BPS pada Maret 2017, Garis Kemiskinan Makanan (GKM) provinsi DKI Jakarta tahun ini berada di angka 347.382 per orang, per bulan.

"Kita semua berharap dengan gubernur dan wakil gubernur baru semangat membangun Jakarta. Semoga banyak capaian meskipun masih banyak PR," tandasnya.

DP 0 Rupiah

Politikus PAN sekaligus Anggota Komisi II DPR RI, Yandri Susanto yakin Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Anis-Sandi akan merealisasikan janji program perumahan dengan uang muka 0%.  Kata Yandri, meski DP 0 Rupiah belum bisa dijalankan tahun ini, Aniea-Sandi tetap memiliki strategi di balik tertundanya pelaksaan program tersebut.

"Saya yakin Anies-Sandi punya cara mengatasi itu. Dia bisa bekerjasama dengan pihak-pihak bank dan tata ruang untuk merealisasikannya," kata Yandri di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (16/10/17).

Dia berharap Gubernur baru Jakarta bisa memenuhi janji kampanyenya.

"Ini bukan hari puncak keberhasilan mereka, tetapi hari memulai kinerja mereka. Semoga mereka bisa memenuhi janji kampanye mereka agar warga jakarta dan warga Indonesia umumnya bisa merasakan dan menikmati janji yang sudah dikampanyekan," ujarnya.

Pukul 16:00 WIB, sore ini rencananya Presiden Joko Widodo akan melantik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pengamanan Balai Kota DKI Jakarta hari ini menjadi lebih ketat, menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Setelah pelantikan, akan ada Pesta Rakyat untuk warga Jakarta di area Balai Kota.

Puluhan polisi dan Satpol PP, mobil pemadam kebakaran juga sudah bersiaga sejak pagi.  Tidak hanya itu, petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) juga lebih ramai dari biasanya. Komandan Pamdal Pleton 3 Bambang Irawan mengatakan, jika di hari biasa hanya ada 25 personil Pamdal, hari ini pihaknya menurunkan 100 personil dan tersebar di Balai Kota.

Tetapi sampai saat ini belum terlihat pendukung Anies-Sandi yang bersiap menyambut jagoannya semasa Pilkada 2017 lalu. Bambang menduga, para pendukung Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih itu memadati Balai Kota sekitar pukul 16.00 WIB.

"Prediksinya, akan ada 2.000 orang yang memadati Balai Kota. Dari informasi yang saya dapat, jumlahnya segitu," kata Bambang kepada KBR di lokasi, Senin (16/10).

Para pendukung itu, Bambang melanjutkan, akan menyambut Anies-Sandi di panggung dan tenda-tenda yang sudah berdiri di Balai Kota sejak kemarin, malam. Di area tersebut, mereka akan berpesta. Namun belum ada informasi rangkaian acara pesta tersebut.

Tidak hanya panggung dan tenda-tenda, ada puluhan karangan bunga yang terpampang di Balai Kota hari ini. Karangan bunga tersebut bertulisan ucapan selamat kepada Anies-Sandi.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

Bamus Tunda Penggantian Setnov

  • Hoaks 8 Penyakit Tak Ditanggung BPJS Resahkan Warga Bengkulu
  • Salah Sasaran, Puluhan Ribu Penerima PKH Dihapus
  • Koresponden Asia Calling di Pakistan Terima AGAHI Award

PLN menggenjot pemerataan pasokan listrik dari Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian timur