HEADLINE

Tol Banten-Banyuwangi Ditargetkan Terkoneksi Pada 2019

Tol Banten-Banyuwangi Ditargetkan Terkoneksi Pada 2019

KBR, Salatiga – Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Menteri BUMN segera menyelesaikan ruas jalan tol tembus dari ujung barat Pulau Jawa (Banten) hingga ujung timur pulau Jawa di Banyuwangi. Ditargetkan jalan tol Banten hingga Banyuwangi bisa saling terhubung pada 2019 mendatang.

Presiden Jokowi berharap keberadaan jalan tol itu bisa menekan biaya logistik transportasi barang karena waktu tempuh distribusi barang semakin singkat dan cepat mencapai tujuan.

Saat ini, kata Jokowi, biaya logistik di Indonesia untuk transportasi barang masih 2,5 kali lipat lebih mahal dari Singapura dan Malaysia. Hal itu disebabkan karena banyak jalan bebas hambatan yang masih belum selesai. 

Padahal, kata Jokowi, saat Indonesia memiliki jalan tol Jagorawi pada 1977, negara-negara lain seperti Tiongkok, Singapura dan Malaysia justru meniru dan mencontoh manajemen serta kontruksi pembangunan jalan tol dari Indonesia.

"Negara Tiongkok yang awalnya meniru manajemen dan kostruksi tol Jagorawi kini sudah mampu membangun jalan tol sepanjang 4.000 hingga 5.000 kilometer dalam satu tahun. Tiga tahun lalu ruas tol di seluruh Indonesia hanya sepanjang 780 kilometer. Saya tanya target Menteri PU dan Menteri BUMN selama lima tahun, baru akan mampu membangun 1.200 kilometer. Selama lima tahun. Dan baru saja tadi saya bisik-bisik lagi, perkiraan 2019 akan mendapat tambahan kurang lebih 1.800 km. Artinya, kalau kita ngebut sebetulnya kita juga bisa," kata Presiden Jokowi di Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9/2017). 

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/08-2017/tol_trans_jawa_beroperasi_penuh_akhir_2018/91443.html">Tol Trans Jawa Beroperasi Penuh Akhir 2018</a>&nbsp;</b><br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2017/sebagian_ruas_tol_trans_sumatera_ditargetkan_beroperasi_2018/91316.html">Sebagian Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Beroperasi 2018</a>&nbsp;&nbsp;&nbsp;</b><br>
    

red

Presiden Jokowi mengunjungi Salatiga untuk meresmikan jalan tol Semarang–Solo seksi III yang menghubungkan Bawen-Salatiga. Ruas tol Bawen–Salatiga secara resmi mulai dioperasikan pada Selasa (26/9/2017) pukul 00.00 WIB.

Jokowi mengatakan masalah yang kerap menghambat pembangunan jalan tol di Indonesia adalah soal pembebasan lahan. Karena itu, Jokowi menyarankan agar pembangunan tol Trans Jawa dikerjakan bersama-sama dengan melibatkan konsorsium BUMN, Jasa Marga, swasta dan pemerintah propinsi supaya masalah pembiayaan dan konstruksi bisa ditangani dengan cepat. 

"Berkali-kali saya sampaikan, kerjakan seperti pembangunan tol Bawen-Salatiga dengan melibatkan konsorsium. Kita negara besar jangan kalah dengan negara–negara tetangga. Sekarang kunci masalah pembebasan lahan sudah kita temukan. Kalau soal konstruksi, negara kita juga tidak kalah dengan negara lain," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta agar masalah pembiayaan proyek jalan tol tidak hanya bergantung pada pinjaman bank. Tol Trans Jawa bisa mengambil solusi dengan cara menjual obligasi dengan batas waktu yang ditentukan, sehingga hasil penjualannya bisa digunakan untuk membangun jalan tol di tempat lain. 

"Jangan senang memiliki. Kalau tol sudah jadi, segera dijual dengan batas waktu yang ditentukan selama 10 atau 20 tahun, sehingga uangnya bisa digunakan untuk membangun lagi di daerah lain. Jual lagi, bangun lagi di pulau lain. Negara lain juga seperti itu. Kita tidak perlu memiliki, tapi bisa memanfaatkan untuk membangun tol di tempat lain agar infrastruktur bisa dengan cepat terselesaikan," kata Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ruas tol Semarang-Solo merupakan bagian dari Trans Jawa sepanjang 661 kilometer. Dia berharap tahun depan sudah mampu menyelesaikan ruas tol Salatiga-Solo sepanjang 32 km sebelum memasuki mudik lebaran 2018, dan bisa dioperasionalkan secara penuh setelah mudik lebaran. 

Setelah itu, proyek tol Trans Jawa dilanjutkan dengan menyelesaikan tol Solo-Ngawi-Kertosono-Surabaya-Probolinggi pada tahun 2018 dan ruas tol Probolinggo-Banyuwangi diharapkan selesai pada 2019.


red

Mengenai tarif tol Bawen–Salatiga, Basuki menyebutkan besarnya dihitung Rp1000 per kilometer, sehingga tarif untuk jarak 17,5 kilometer sebesar Rp17.500. Tarif tersebut dinilai terlalu mahal oleh masyarakat, namun Basuki berkilah angka tersebut disesuaikan dengan nilai investasi konstruksi dan harga tanah.

"Mahal atau murah itu relatif. Semua itu tergantung nilai investasi konstruksi dan tanah karena pembangunan tol ini adalah hasil tender yang melibatkan beberapa developer," kata Basuki.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/01-2017/interkoneksi_transportasi_pesisir_selatan_jawa_lemah__jalan_tol_akan_ditambah/88088.html">Interkoneksi Transportasi Pesisir Selatan Jawa Lemah, Jalan Tol Akan Ditambah</a>&nbsp;&nbsp;&nbsp;</b><br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/12-2016/tol_kertosono_mojokerto_seksi_tiga_mulai_beroperasi/87168.html">Tol Kertosono-Mojokerto Seksi Tiga Mulai Beroperasi</a>&nbsp;&nbsp;&nbsp;</b><br>
    

Editor: Agus Luqman 

  • Jalan Tol Trans Jawa
  • tol trans jawa
  • Proyek Jalan Tol
  • Proyek Infrastruktur
  • pembangunan jalan
  • pembangunan jalan tol
  • Tol Trans Sumatera
  • proyek infrastruktur Jokowi
  • jalan tol

Komentar (5)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • alaniezz6 years ago

    mantaffff pak dhe, semoga Allah senantiasa melindungi dan menganugerahi kesehatan yang prima kepada pak dhe .

  • Lady Lianmey5 years ago

    KABAR BAIK!!! Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang. Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan Saya sangat senang bahwa Allah menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi ibu christabel melalui email: ([email protected]) Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ([email protected]) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: [email protected] Sekarang, semua Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirimkan langsung ke akun mereka setiap bulan. Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

  • loan3 years ago

    e_mail::::::::::::::::::::[[email protected]] ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {[email protected]} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:[email protected]} COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY e_mail:::[[email protected]]

  • Harum Ahmadzulkifli3 years ago

    Saya Harum Ahmadzulkifli dari Filipina dan tinggal di George Town Penang, Malaysia. Saya ingin menyaksikan karya Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang yang mencari pinjaman di Asia, terutama Malaysia dan Filipina dan belahan dunia lainnya, karena kondisi ekonomi yang buruk di beberapa negara. Saya menjadi korban penipuan kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mengedit dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara. Seorang teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memberi tahu saya tentang kesaksian yang mereka lihat di media sosial dari Zulaikha Yugesh dari email [email protected] dan memperkenalkan saya pada pinjaman yang dapat dipercaya oleh pemasok, Ibu RIKA ANDERSON PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya juga memverifikasi dari penguji lain Ayu Amangku email [email protected], dan Bunda Margaretha Asmara dari Ambon di Indonesia email [email protected] dan whatsapp +6282340185186. Saya mendapat pinjaman sebesar RM250.000 mata uang Malaysia dari Rika Anderson Loan Corporation dengan mudah dalam waktu 24 jam yang saya gunakan, dan sekarang saya telah memutuskan untuk membagikan karya baik ibu Rika dalam keluarga saya. Jika Anda membutuhkan pemberi pinjaman gen. silakan hubungi Perusahaan Pinjaman Rika Anderson melalui LENDER: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY Situs web: https://rikaandersonloancompany.com Email: [email protected] email: [email protected] WhatsApp: +1(929)526-0086. www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany Kantor Pelanggan Whatsapp +1(929)526-0086 Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apapun melalui email saya, [email protected]

  • LEONY DORA PATTY3 years ago

    Saya LEONY DORA PATTY dari Perum Ivory, jl. Kendangsari III / 20A, kav.B6, Surabaya, ingin mengucapkan selamat kepada ibu Rika Anderson Lender perusahaan atas dana cepat dan uang yang mereka pinjamkan kepada saya tanpa agunan. Saya mendapat $ 6.214.00 (Rp91.041.936) dari ibu Rika dengan bunga 2% untuk menyelamatkan hidup saya, pendidikan anak saya dan perkembangan usaha. Kontak oleh Situs web: https://rikaandersonloancompany.com email: [email protected] [email protected] www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany Whatsapp: +1(929)526-0086 Wasap: +6285854125084 Nomor Whatsapp Saya: +62818-9018-511 Email: [email protected] Negara: Indonesia Kota: Surabaya Jumlah: $ 6.214.00 (Rp92.000.000) Tanggal: 03 Agustus, 2020 Instagram: nyratyy Twitter: @DoraLeony