LIVEBLOG Pilkada2017: Pantauan Terkini Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2017

"Meski pada 2017 ini jumlah daerah yang menggelar pilkada lebih sedikit dibanding pada Pilkada 2015, namunkasus money politics tahun ini meningkat dibanding Pilkada 2015."

Rabu, 15 Feb 2017 09:23 WIB

Ilustrasi logistik Pilkada 2017 di depan Kantor KPU Pusat, Jakarta. (Foto: ANTARA)

16.14 WIB 

Ahok Menang di TPS-nya

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Ahok-Djarot menang telak di TPS 54 Pluit, Kecamatan Penjaringan. TPS ini merupakan tempat Ahok menggunakan hak suaranya tadi pagi.

Informasi yang dihimpun KBR, Ahok berhasil mengantongi 381 suara, disusul Anies dan Sandiaga dengan 4 suara, serta Agus dan Sylviana dengan 3 suara. 

Total jumlah suara sah di TPS 54 sebanyak 388 suara. Sementara jumlah DPT yang terdaftar di TPS tersebut sebanyak 515 suara.

Reporter KBR Ria Apriyani melaporkan, suasana bertambah ramai di Rumah Lembang. 



16.10 WIB 

Pilkada di Yogyakarta lancar

Tidak ada kekurangan logistik, pencoblosan berlangsung lancar di Yogyakarta. Tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi, banyak TPS yang ramai didatangi mereka yang siap mencoblos. Laporan bersama Kontributor KBR di Yogyakarta, Eka Juniari. 

 



16.06 WIB 

Di Pati, kotak kosong menang 

Laporan reporter Agus Pambudi dari Pati, Jawa Tengah, menunjukkan bahwa kotak kosong menang mengungguli pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Haryono-Arifin. Selengkapnya bersama Kontributor KBR Agus Pambudi.

 



16.00 WIB 

Pencoblosan di TPS Karubaga, Tolikara, ditunda besok 

Di Tolikara, Papua, pencoblosan ditunda menjadi besok karena pencoblosan di TPS Karubaga akan dilakukan besok pagi. Hari ini akan mencari lagi petugas PPS yang baru. 

Laporan selengkapnya bersama Kontributor KBR Katarina Lita. 



15:57 WIB

AHY Jeblok Dihitung Cepat, Demokrat Tetap Optimistis

Partai Demokrat   meminta pendukung  pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylvia Murni menunggu hitungan resmi dari KPU Jakarta. Menurut Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, seluruh pemimpin partai baik di DPP maupun DPD akan  memberikan keterangan resmi terkait perhitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survei.

"Kita tunggu dari KPU kita tetap optimistis Insya Allah. Sabar saja dulu. Apakah nanti akan ada konperensi kita lihat dulu perkembangan. Pesan dari SBY tunggu hasil perhitungan," ungkapnya. 



15.55 WIB 

Pilkada Bekasi Sepi

Menurut pantauan reporter KBR Ade Irmansyah, Pilkada di tetangga ibukota, Bekasi, tampak sepi. Warga Bekasi rupanya tidak seantusias warga Jakarta dalam mencoblos langsung pemilih di daerahnya. 



15.50 WIB 

Perludem soal Fenomena Kotak Kosong 

Di beberapa daerah, calon pemimpin daerah bertarung melawan 'kotak kosong'. Meski menjadi calon tunggal, nyatanya politik uang bisa saja tetap gencar mengalir. Bagaimana peneliti Perludem Ninis Khoirunnisa melihat fenomena ini? 

Simak selengkapnya perbincangan dengan Vivi Zabkie dan Andrie Usi dalam Siaran Khusus Pilkada Serentak 2017. 

 


15:10 WIB

Pemungutan Suara di Kepulauan Sangihe Ditunda

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, ditunda karena logistik yang belum sampai di sembilan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, distribusi logistik pilkada di Kepulauan Sangihe terhambat cuaca buruk.

"Jadi kami mendapat informasi bahwa ada 9 TPS di Kepulauan Sangihe itu karena faktor ombak yang sangat besar dan cuaca yang cukup ekstrim mengakibatkan proses pemungutan suara belum bisa berlangsung.  Hasil koordinasi dengan PANWAS setempat maka nanti akan dilaksanakan Pilkada susulan yang akan kita selenggarakan satu dua hari ke depan,"   kata Ferry di Jakarta Pusat, Rabu (15/02/17).

 


15:08 WIB

Ahok Pantau Quick Count di Rumah Lembang

Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan memantau hasil hitung cepat pilkada DKI Jakarta di Rumah Lembang. Usai menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Ahok mengaku masih optimis dengan hasil perhitungan suara.

"Ada Pak Sekjen, beberapa temanlah. Ada Mbak Puan.  Kita enggak ngomong politik, kita ngomong makanan, ngomong yang sehari-hari. Saya mau ke (Rumah) Lembang. Orang politik enggak ada yang optimis. Kalau enggak optimis enggak ada yang ikut," kata Ahok di Kebagusan, Rabu(15/2). 



14:41 WIB

Pilkada Gorontalo,  Warga Antusias

Warga antusias menggunakan hak pilih dalam  pilkada Gubernur Gorontalo yang diikuti 3 pasangan. Ketiga pasang calon tersebut adalah Rusli Habibie-Idris Rahim didukung Partai Golkar dan Demokrat; Zainuddin Hasan-Adhan Dambea yang dimajukan oleh Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional, serta Hana Hasanah Fadel Muhammad-Tonny Junus yang digadang  PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan. Pasangan calon memilih di TPS yang berdekatan dengan domisili masing-masing. 


 

14.40 WIB

Dominggus Mandacan-Lakotani Unggul di Sejumlah TPS Manokwari

Laporan Reporter Radio Kamundang FM, Manokwari Papua Barat: 

"Penghitungan suara di beberapa TPS di Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Maybrat di Papua Barat sudah selesai, sebagian lain masih berlangsung. 

Sementara di Kabupaten Manokwari yang hanya menggelar pemilihan gubernur Papua Barat, pasangan calon gubernur Papua Barat nomor urut 1 Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani unggul di sejumlah TPS.

Di TPS 32 di Bundaran Manokwari Barat di Wosi, pasangan nomor 1 unggul dengan 229 suara. Mereka unggul jauh dibandingkan pasangan nomor 2 (Irene Manibuy-Abdullah Manaray) yang memperoleh 31 suara dan pasangan nomor 3 (Stepanus Malak-Ali Hindom) memperoleh 20 suara.

Begitu juga dengan penghitungan suara di TPS 10 Panini Dalam. Di sini pasangan nomor 1 memperoleh 384 suara, jauh mengungguli pasangan calon nomor 2 (14 suara) dan calon nomor 3 (19 suara).

Sedangkan di TPS SP4 di Udapi Hiur, Prafi, Manokwari, nomor urut 1 memperoleh 1.315, calon nomor urut 2 (697 suara), dan calon nomor urut 3 (203 suara).

Di TPS 31 Renggani, jumlah DPT sebanyak 231 orang. Pasangan calon nomor 1 meraup dukungan 198 suara, mengalahkan calon nomor 2 (13 suara) dan calon nomor 3 (19 suara). 

Di TPS 02 Pramauw, Kecamatan Ayamaru, calon nomor 1 memperoleh 160 suara, calon nomor 2 memperoleh 162 suara dan calon nomor 3 mempeorleh 20 suara.

Juru bicara Polda Papua Barat Hary Supriyono mengatakan aparat mengantisipasi pengamanan saat penetapan pleno di tingkat distrik, kabupaten hingga provinsi." 


14.33 WIB 

Sylviana Murni optimistis

Calon Wakil Gubernur Jakarta Sylviana Murni mengaku optimistis memenangkan pertarungan politik di pilkada Jakarta. 

Ketika datang ke kantor DPP Demokrat di jalan Proklamasi Jakarta Pusat, Sylviana Murni meminta masyarakat bersabar untuk mengikuti proses penghitungan yang sedang berlangsung.

"Kita lihat saja, kita lihat situasinya seperti apa. Kita bersama-sama di Wisma Proklamasi hasilnya tentu saja harus positif. Tetap optimis," jelasnya.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan akan menyaksikan perhitungan cepat atau  quick count pilkada DKI Jakarta di DPP Demokrat Jalan Proklamasi. 




14.30 WIB

Penghitungan Suara di Aceh Besar Baru Dimulai 

Reporter Radio Nikoya FM Banda Aceh, Agus memantau dari TPS 11, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh:

"Di Aceh ada enam pasangan calon yang berkompetisi untuk berebut posisi gubernur dan wakil gubernur Aceh. Penghitungan dimulai pukul 14.0 WIB. Namun, penghitungan baru dimulai untuk kategori pemilihan bupati dan wakil bupati. Sedangkan untuk penghitungan gubernur belum dihitung.

Di Kabupaten Aceh Besar, hanya ada dua pasangan calon pemilihan bupati dan wakil bupati. 

Meski Aceh termasuk kategori daerah rawan tinggi, namun situasinya aman. Belum ada laporan pengaduan ancaman atau intimidasi." 



14:25 WIB

Datang ke Rumah Mega, Djarot: Bicara Makanan

Usai berkumpul di kediaman pribadi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, pelit bicara. Sekitar pukul 13.40 Djarot tampak keluar meninggalkan kediaman Mega.

"(Di dalam bicara apa saja Pak?) Makanan. Ngomong makanan. Ada kepala ikan, ada soto. (Tujuan setelah ini?) Keliling. Salah satunya ke (Rumah) Lembang,"kata Djarot. Rabu(15/2). 



14.19 WIB

Wahidin Andika Unggul di TPS 18-19 Sudimara Barat

Antusiasme dari pemilih di beberapa TPS, hanya 60 persen dari DPT yang menggunakan hak suara. 

TPS 18 dan 19, Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Cileduk, Kota Tangerang, Banten. Penghitungan suara sudah selesai. 

Di TPS 18, jumlah DPT sebanyak 452, dimana yang menggunakan hak suara sebanyak 327, tidak sah 4. Hasilnya, calon nomor 1 pasangan Wahidin-Andika memperoleh 194 suara, dan pasangan calon 2 (Rano Karno-Embay) memperoleh 107. Total 301 suara, dengan 3 tidak sah.

Di TPS 19, jumlah suara semua 327, dengan jumlah suara sah 323 dan tidak sah 4 suara. Hasilnya, calon nomor 1 (pasangan Wahidin-Andika) memperoleh 229 suara, calon 2 (Rano Karno-Embay) sebanyak 64 suara dan tidak sah 4 suara. 

(Laporan Agus Fahri, dari Reporter Radio Heartline FM Tangerang Banten) 


14.10 WIB




14:05 WIB
Pilkada Kabupaten Bekasi 40% tak Memilih?


Calon Bupati Bekasi nomor urut 3, Obon Tabroni menyayangkan minimnya partisipasi pemilih dalam menggunakan hak suaranya dalam Pilkada serentak hari ini di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kata dia, minimnya sosialisasi dari KPUD dan kekacauan daftar pemilih tetap menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan banyak pemilik suaranya tidak bisa menggunakan hak suaranya.

Meski tidak memiliki angka pasti, dia memperkirakan lebih dari 40 persen pemilik suara tidak menggunakan hak pilihnya.

"Misalnya ada yang sudah milih nih, tapi undangannya ga ada. Atau kalau ada pun, TPS nya jauh banget jadi pada males nyoblos, itu masalah juga. Persoalan lain kaya e-ktp lah. (Pengaruhnya besar atau tidak dalam permasalahan partisipasi?) Ya besar lah, kalau dulu orang gampang kalau mau milih. Kalau sekarang engga, peraturan berubah-ubah juga," ujarnya kepada KBR di Posko Pemenangan OTC, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/02). 


13:40 WIB

Kesalahan Pilkada

Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) menemukan indikasi kesalahan dalam pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) khusus. Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie menjelaskan, salah satu indikasi kesalahan itu terjadi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, karena banyak pasien rawat inap, yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Ia mensinyalir, hal ini lantaran regulasi pendataan dengan menggunakan KTP elektronik, yang mengharuskan orang yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS khusus, menggunakan formulir A5. Hal ini menyebabkan perbedaan data yang ada di rumah sakit dengan data yang dilansir KPU.


"Di rumah sakit tadi kami dapati bahwa petugasnya telah mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan aturan yang berlaku. Tapi tetap saja masih ada kendala. Kendalanya antara lain pasien datang dan pergi. Sehingga data mengenai DPT, data mengenai administrasi pemilih saat terakhir diputuskan, masih ada yang pulang dan ada juga yang daftar baru. Sehingga data yang ada di KPU dan di rumah sakit tidak sama.




12.57WIB

Wartawan di Entrop, Papua, diancam saat meliput Pilkada 

Seorang wartawan radio diancam saat meliput pilkada serentak di Kelurahan Entrop, KotaJayapura, Papua. 

Jurnalis RRI Lina Umasugi meliput di TPS 30 Kelurahan Entrop, setelah mendapat informasi pencoblosan dilakukan tanpa surat undangan. 

Saat wawancara petugas PPS, Lina diusir sejumlah orang. Dia juga sempat dikepung sejumlah orang dan diancam dibunuh jika tak segera pergi. 

Menurut kesaksan Lina Umasugi, kelompok yang mengusir itu mengatakan tidak perlu ada pemberitaan-pemberitaan di TPS 30. Saat kejadian, tak ada petugas keamanan di lapangan. 

TPS 30 berada di sekitar rumah Boy Markus Dawir, salah satu pasangan calon peserta pilkada di Jayapura yang digugurkan KPU setempat.   

Laporannya bersama kontributor KBR, Katarina Lita.





12.55 WIB

9 TPS Terendam Banjir

Bencana banjir yang terjadi dua hari terakhir merendam sembilan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Cilacap Jawa Tengah.

Kontributor KBR di Cilacap, Muhamad Ridlo memberitakan TPS yang terendam banjir itu berada di empat desa di dua kecamatan yaitu Desa Wringinharjo di Kecamatan Gandrungmangu, Desa Gunungreja, Tegalreja dan Desa Sidareja di Kecamatan Sidareja.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap wilayah Sidareja, Agus Sudaryanto mengatakan tiga TPS diantaranya akhirnya dipindah ke tempat lain karena genangan air mencapai ketinggian lebih dari satu meter.

 





12.00 WIB

Pilkada Tertunda, Logistik Pilkada di Sangihe Belum Tiba

Hingga Rabu siang, logistik pilkada di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara belum masuk ke dua kecamatan yaitu Kecamatan Nusa Tabukan dan sebagian Kecamatan Marore. 

"Benar, untuk logistik Nusa Tabukan sementara dalam perjalanan dan memang mengalami kendala karena untuk logistik Nusa Tabukan kita titip sama-sama dengan Kecamatan Marore, karena kita memang dalam perencanaan (pengiriman logistik) untuk Marore melintasi berbagai pulau dan terakhir di Nusa Tabukan, " kata Ketua KPU Sangihe Elsye Sinadia, Rabu (15/2/2017).

Logistik pilkada di dua kecamatan itu diangkut kapal perintis sejak pukul 08.00 pagi dari Sangihe, dan direncanakan tiba di Kecamatan Pulau Nusa Tabukan pada pukul 17.30 waktu setempat. 

 



11.43 WIB 

Mumpung libur, Ayo nyoblos 

"Karena hari libur, saya berharap para karyawan, entah industri, pertokoan, mall atau lainnya, berilah kesempatan kepada karyawan untuk memberikan hak pilihnya," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

Pemilihan walikota di Yogya diikuti oleh dua calon. 

Laporannya bersama Kontributor KBR, Eka Juniari.  



11.37 WIB




11.25 WIB 

Calon Tunggal di Pilkada Landak, Kalimantan Barat  

Warga antusias ikut Pilkada di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Pemilihan bupati ini diikuti oleh calon tunggal. Total ada 250 ribuan DPT se-kabupaten Landak. Sekitar pukul 13 WIB TPS dibuka bagi mereka yang tidak mendapat undangan untuk mencoblos atau tidak punya e-KTP. Laporannya bersama Kontributor KBR di Kalimantan Barat, Edho Sinaga. 


11.17 WIB

Trending Twitter dari Jakarta dan Banten

Sampai saat ini, tagar yang populer di media sosial Twitter berkisar soal-soal Pilkada Serentak 2017. Di area Indonesia, yang masih menjuarai Twitter adalah tagar Mencari Pemimpin. Ada juga tagar yang menyatakan dukungan terhadap salah satu paslon, seperti tagar CoblosSatuAja atau BantenPilihRanoEmbay. 

Tagar lain yang masuk dalam sepuluh terbesar adalah Annisa Pohan, yang hari ini tampil dengan hijab ketika datang ke TPS untuk mencoblos. Tagar lain yang juga populer adalah TPS 28 (tempat calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan mencoblos), Untuk Jakarta, Pilkada 2017 dan Golput. 

 



11.15 WIB

Temuan di TPS Khusus 

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Prof Jimly Ashshiddiqi memantau penyelenggaraan pemilu di TPS Khusus Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, yaitu TPS 28 dan TPS 29. 

Jimly menemukan banyak temuan. Rencananya, Jimly akan menggelar konferensi pers siang ini usai salat Zuhur. (Via akun Twitter Reporter KBR Bambang Hari @bamhari)  






11.12 WIB

Perludem memantau Pilkada Banten 

Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, memantau Pilkada yang berlangsung di Banten, tepatnya dari TPS Kecamatan serua, Pamulang. Di sana ada dua pasangan calon (paslon) yang berkompetisiyaitu Wahidin Halim-Andika Hazrumy serta Rano Karno-Embay Mulya Syarief. 

Videolink : https://www.periscope.tv/w/1ZkKzEawlVaxv?t=20

11.06 WIB 

Agus Yudhoyono yakin perolehan suara tak bakal merosot 

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Yudhoyono menampik pernyataan ayahnya, bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyebut perolehan suaranya bakal merosot pasca pengakuan Antasari Azhar. Antasari kemarin menyebut SBY tahu perkara pembunuhan yang membelitnya. 

 



11.00 WIB 

Apa yang harus dilakukan kalau ada politik uang?

"Politik uang harus ditindak, saat itu juga," kata peneliti Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil. 

Ada Pengawas Pemilu sampai ke tingkat TPS yang bisa digerakkan untuk mengawasi dan menindak politik uang. Selengkapnya simak perbincangan Hilbram Dunar dan Adit Insomnia di KBR Pagi dengan Peneliti Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil. 

 


10.40 WIB

Pantau Terus Hasil Pilkada 2017

Bagi Anda yang sudah mencoblos, jangan lupa terus pantau perkembangan Pilkada 2017 dari smartphone Anda. Kami merangkum empat aplikasi yang bisa Anda pakai untuk mengikuti hasil Pilkada. Ada yang mengkhususkan diri pada Pilkada DKI Jakarta yang memang menyedot banyak perhatian, ada juga yang menampilkan hasil Pilkada dari berbagai wilayah di Indonesia. 


Baca selengkapnya di sini: 

Ini 4 Aplikasi 'Keren' untuk Pantau Hasil Pilkada 2017 lewat HP 




09.46 WIB
Warga heboh sambut Ahok

Kedatangan Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke TPS 54 di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara disambut warga dengan heboh. (Via akun Twitter Reporter KBR Ria Apriyani @gabriaapriyani)


09.26 WIB

Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya mendatangi TPS 06 Cibeber, Jakarta Selatan. (Via Reporter KBR Dian Kurniati @dianz28) 



09.18 WIB

Komedian Indra Birowo merupakan salah satu pesohor yang mendatangi TPS 06 Cibeber Jakarta Selatan. (Via Reporter KBR Dian Kurniati @dianz28) 




09.08 WIB

Petugas di TPS IV Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat mengenakan kostum adat Jawa, surjan lurik dengan blangkon. Pengamanan di TPS yang akan digunakan oleh Presiden Joko Widodo ini cukup ketat. Semua yang akan masuk area TPS harus melalui alat pemindai (scanner). (Via Reporter KBR Ninik Yuniati @lalatpengganggu) 




09.07 WIB

Juru kampanye calon gubernur DKI Agus Yudhoyono, Rico Rustombi menggunakan suara di TPS 06 Cibeber, Jakarta Selatan. (Via akun Twitter Reporter KBR Dian Kurniati @dianz28)

 



09.05 WIB
Antusias Pemilih Tinggi di TPS Pangkalpinang

Noni Delima (Reporter Radio Eljohn FM Pangkalpinang, Bangka Belitung): Antusiasme warga tinggi untuk mengikuti pemilihan gubernur Bangka Belitung. TPS ramai sekali sejak pagi.



09.04 WIB

Presiden Joko Widodo dijadwalkan mencoblos di TPS IV Gambir, Jakarta Pusat. (Via akun Twitter Reporter KBR Ninik Yuniati @lalatpengganggu)



 


09.00 WIB
Pencoblosan TPS di Tolikara Papua Ditunda Besok

Kontributor KBR Katharina Lita: Pemilihan kepala daerah di TPS Karubaga, Tolikara, Papua, dibatalkan hari ini karena tidak ada petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di TPS tersebut. Pemilihan diundur mulai Kamis (16/2/2017) besok mulai pukul 07.00 WIT.



08.58 WIB
Ketua DKPP Mencoblos

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Jimly Ashshiddiqi menggunakan suara di TPS 21, Pondok Labu, Jakarta Selatan. 




08.48 WIB
TPS tempat Cagub Agus mencoblos

Reporter KBR Dian Kurniati: Calon Gubernur DKI Jakarta  Agus Yudhoyono bakal mencoblos di TPS 06 Cibeber Jakarta Selatan. Pengamanan melibatkan anjing polisi.






08.46 WIB
Pemilih menikmati mie ayam

Reporter KBR Ria Apriani: Usai memilih di TPS 54 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, warga bersantai sambil menikmati air jahe hangat dan mie ayam. Makanan ini disediakan dengan dana patungan warga.





08.26 WIB
Warga memadati TPS Ahok

Reporter KBR Ria Apriani: Warga mulai memadati (TPS) 54 Kelurahan Pluit, Penjaringan Jakarta Utara. TPS ini akan digunakan oleh calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pengamanan tidak terlalu ketat, hanya dijaga sekitar empat personel polisi.





08.08 WIB
Ada Tiga Kasus Money Politics

Peneliti Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil menyebutkan sampai pagi ini setidaknya ada tiga kasus money politics (politik uang) yang sudah terkonfirmasi. Diantaranya, pembagian sembako di Bangka Belitung, pembagian uang hingga Rp300 juta di Sulawesi Barat, dan pembagian uang di Pati, Jawa Tengah.

"Meski pada 2017 ini jumlah daerah yang menggelar pilkada lebih sedikit dibanding pada Pilkada 2015, namunkasus money politics tahun ini meningkat dibanding Pilkada 2015. Menariknya, di Pati, itu calon tunggal  melakukan money politics meskipun mereka melawan kotak kosong. Di Maluku dan juga Pati memang sedang muncul gerakan sipil untuk memenangkan kotak kosong," kata Fadli Ramadhanil kepada KBR.

Fadli mengatakan Perludem sudah mengkonfirmasi tiga kasus money politics tersebut dan kasus itu kini tengah diproses hukum oleh Panwaslu di masing-masing daerah melibatkan petugas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).  







07.59 WIB
KODE Inisiatif: Jangan Golput

Direktur lembaga demokrasi KODE Inisiatif, Veri Junaidi menyerukan warga di daerah yang menggelar pilkada, agar tidak Golput. Veri mengatakan meski sikap golput merupakan hak konstitusional masing-masing orang, namun akan merugikan untuk perbaikan di daerah.

"Golput itu memang hak pribadi, tapi sebaiknya tetap digunakan. Kalau memang nggak ada calon terbaik, pasti dari tiap calon yang ada itu ada yang punya kelebihan. Kalau bisa gunakan hak suara sebaik-baiknya. Jangan coblos semua, nanti suara jadi sia-sia," kata Veri Junaidi kepada KBR. 



07.46 WIB
Pantauan di Manokwari Papua Barat

Reporter radio jaringan KBR, David (Radio Kamundang FM Manokwari): Situasi di Manokwari khususnya dan Papua Barat secara umum terpantau aman. Memang sempat ada gesekan antarmassa pendukung, beberapa hari sebelum pencoblosan. Gesekan terjadi di Kabupaten Maybrat, Tambrauw.

Kapolda Papua Barat Martuani M Siregar sampai berkantor di Manokwari untuk mengawal langsung pengamanan pilkada 2017. 




07.30 WIB
TPS tempat Ahok Dibuka

Reporter KBR Ria Apriani: Petugas KPPS mulai membuka Tempat Pemungutan Suara (TPS) 54 Kelurahan Pluit, Penjaringan Jakarta Utara.

Di sini calon gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama beserta istri dan anaknya akan menggunakan hak suara. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 54 sebanyak 513 orang. 
 




07.25 WIB
Pengamanan ketat


Juru bicara Mabes Polri Boy Rafli Amar menyatakan Mabes Polri mengerahkan 130 ribu personel untuk mengamankan Pilkada 2017 di seluruh wilayah di Indonesia.

Khusus di Jakarta, jumlah personel anggota Kepolisian yang dikerahkan mencapai 28 ribu orang.

Pengamanan akan dilakukan sejak pengiriman logistik Pilkada hingga hasil rekapitulasi suara diserahkan dari TPS ke PPS (tingkat desa) dan PPK (tingkat kecamatan).


07.00 WIB/WITA/WIT

Hari yang ditunggu-tunggu. Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka di seluruh Indonesia. Pemilihan dibuka hingga pukul 13.00 waktu setempat atau sampai pemilih terakhir menggunakan hak suaranya.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

Penunjkan Aziz untuk Gantikan Novanto Menuai Kritik

  • Kemensos Dirikan 15 E-Warung untuk Layani Kebutuhan Penerima PKH Cilacap
  • Duterte Minta Perpanjang Masa Darurat Militer di Selatan Filipina
  • Pep Guardiola Tegaskan City Belum Juara

PLN menggenjot pemerataan pasokan listrik dari Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian timur