Soraya Larasati, Chef Aiko dan Eva Mimin di Yuhu Sore.

Saat ini seluruh umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Saat awal menjalankannya, mungkin tubuh masih kaget, karena tak terbiasa. Ada yang dehidrasi mungkin karena mengkonsumsi air putih jadi lebih sedikit. Ada pula yang terlihat lemas dan capek?  Nah, ada trik untuk mensiasatinya agar kamu tetap sehat selama bulan ramadan.  Chef Aiko Sarwosri, Eva Mimin dan Soraya Larasati membangikan tipsnya  di Yuhu Sore, Senin (6/6/2016).

1.Berbukalah dengan kurma
Jangan kalap saat berbuka. Makanlah secukupnya. Kurma, salah satu pilihan makanan manis yang  penting untuk mengisi energi setelah melewatkan 12 jam lebih berpuasa. Kurma juga kaya serat yang dapat mengatur pencernaan, lho. Selain itu kurma juga kaya magnesium dan potasium. Nah, komplit bukan yang terkandung dalam sebiji kurma yang imut itu?

2. Hindari makanan yang terlalu manis.

Jangan menyantap makanan manis yang mengandung banyak gula, karena akan membuat kembung. Kalau sudah begitu, tentu  akan melambatkan proses pencernaan dan bisa meningkatkan gula darah. Hindari juga makanan yang terlalu pedas dan jangan mengkonsumsi makanan berlebihan. Beri jeda, usai berbuka puasa, sholatlah terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan makan besar.

3.Hindari makanan olahan
Hindari makanan kaleng, kacang-kacangan, dan asinan selama puasa. Karena makanan tersebut dapat menambah rasa haus. Dianjurkan makan lebih banyak buah dan sayuran segar saat sahur untuk mencegah rasa haus. Kalau bisa, kamu mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang komplit. Misalnya, ada makanan yang bersumber dari biji-bijian, protein, sayur mayur, buah-buahan, dan lemak tak jenuh.

2. Banyak minum air
Kamu kudu cukup minum usai buka puasa sehingga tidak kehausan atau dehidrasi keesokan harinya. Usahakan minum delapan gelas air selama rentang buka puasa hingga jelang sahur.

4.Istirahat
Kerjakan tugas-tugas kamu dengan perlahan dan kurangi aktifitas fisik. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stress. Istirahatlah sejenak, atau gunakan untuk tidur sejenak pada jam istirahat.

5.Hindari matahari
Hindari berlama-lama di terik matahari, terutama di siang hari. Jadi, kalau tak ada urusan yang membuat kamu harus keluar rumah atau keluar kantor, mending ngadem saja di dalam ruangan, agar tidak capek dan terkena matahari.

6.Olahraga
Puasa bukan bearti tak boleh berolahraga. Kegiatan ini justru baik dan menguntungkan karena membantu mengatur kesehatan tubuh dan pola hidup. Silakan berolahraga yang ringan-ringan saja seperti yoga, jalan sore atau bersepeda santai. Tapi, tentu saja jangan berlebihan ya.

Nah, semoga ibadah puasa kamu berjalan lancar sampai akhir ramadan, ya. Pengen tahu trik lain dan informasi seputar puasa? Dengarkan terus Yuhu Sore, setiap Senin-Jumat, pukul 17.00-19.00 WIB di 11 radio 11 kota di Indonesia. Bisa juga streaming di www.yuhu.id atau tonton di www.zeemi.tv
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!