Trio Host Yuhu Sore, saat memberikan tips Jika Kebelet dalam Perjalanan, Senin (154/3/2016).

Menahan buang air kecil dalam perjalanan pasti sangat tidak nyaman. Apalagi jika  kita naik angkutan umum. Serba salah, waktu  yang  harus  ditempuh untuk sampai di  tempat tujuan masih jauh dan tidak memungkinkan berhenti untuk mencari toilet.

Bagaimana harus bersiasat? Soraya Larasati, Chef Aiko, dan Mesty Hanita berbagi tips di Yuhu! Sore, Senin (14/3/2016):

1.  Cari Posisi Nyaman

Agar tidak semakin kebelet, pastikan perut bagian bawah tidak mengalami tekanan berlebih. Cari posisi paling nyaman. Jika lagi duduk, jangan menyilangkan kaki, dan duduklah dengan posisi tegak tetapi rileks. Jika lagi berdiri, rapatkan kaki agar katup-katup dalam saluran kemih semakin menutup rapat.

2.  Jangan Banyak Gerak

Jika sedang duduk, jangan mengubah posisi secara mendadak. Kurangi gerakan yang tidak perlu, sebab kontraksi otot perut bisa menekan kandung kemih yang sedang penuh. Jika sedang berdiri atau berjalan, kontrol gerakan sehalus mungkin.

3.  Pikirkan Hal lain

Hasrat ingin pipis bisa meredup, bisa juga semakin menjadi-jadi hanya karena memikirkan sesuatu. Jangan abaikan kekuatan otak. Pikirkan saja hal-hal  menyenangkan yang kamu alami saat berada di kantor, atau mendengarkan siaran Yuhu Sore bareng host yang asik-asik melalui handphonemu untuk mengalihkan pikiran, misalnya. Sebaliknya, jangan pikirkan minuman, kamar kecil, atau apapun yang berhubungan dengan keinginan berkemih.

4.  Boleh saja Kentut

Karena produksi gas yang berlebihan di saluran pencernaan bisa menekan kandung kemih, sehingga rasa kebelet akan semakin menjadi-jadi. Jika terasa begah, jangan ditahan langsung saja keluarkan gas-gas pencernaan. Tapi, psst ingat, jangan kenceng-kenceng juga kentutnya, karena saat itu ada banyak orang di dalam angkot.

5.  Jangan Tertawa

Kontraksi otot perut saat tertawa akan memberikan tekanan pada kandung kemih. Jadi, sebisa mungkin jangan tertawa kalau ada hal-hal lucu di dalam angkot atau ada sesuatu yang bikin kamu geli yang dilihat saat dalam perjalanan. Tahan dulu ketawanya sampai ada kesempatan untuk buang air kecil.

6.  Turun  di Jalan dan Numpang Pipis

Kalau memang sudah tak tahan lagi, sementara kamu masih berada di dalam angkutan umum, dan tempat tujuan masih jauh, mending turun atau berhenti deh. Tapi, cari tempat pemberhentian di dekat area masjid, gereja, pom bensin, restoran atau mall. Silahkan permisi untuk numpang pipis di sana.

7.  Ingat, Jangan dibiasakan!

Bagaimanapun, menahan pipis tidak dianjurkan. Kandung kemih yang selalu penuh bisa memicu pertumbuhan mikroba dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Bahkan bagi yang punya masalah dengan kandung kemih, menahan pipis terlalu lama dan terlalu sering bukan tidak mungkin memicu kerusakan pada kandung kemih dan ginjal.

Nah, biar terkesan sepele, ketiga host Yuhu! Sore yakin tips bermanfaat buat kamu yang penah mengalami kondisi tidak nyaman macam ini. Betul kan? Mau tips menarik lainnya? Jangan terlewatkan lagi Yuhu Sore setiap Senin-Jumat, pukul 17.00-19.00 WIB di 10 kota di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Makassar, Denapsar, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan dan Banjarmasin

Selain di radio-radio di 10 kota tadi,  kamu juga bisa menikmati Yuhu! via streaming www.yuhu.id atau bisa pula tonton kami di zeemi.tv melalui channel KBRlive. 

  

Editor : Vivi Zabkie

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!