Jakarta, 9/2/2017 –  SXSW (South by Southwest) adalah festival tahunan yang terdiri dari berbagai kegiatan konferensi, festival, eksibisi dan networking yang akan digelar pada 10-19 Maret 2017 di Austin, Texas, AS. Indonesia telah memilih perwakilan di Festival SXSW 2017. 

Pelaku kreatif di bidang musik, film, aplikasi dan games developer yang akan mewakili Indonesia untuk berpartisipasi dalam event SXSW 2017 antara lain group musik Lightcraft, The Trees and The Wild, dan Kimokal. Bekraf juga mengundang 5 perusahaan Indonesia yang dianggap mampu mempresentasikan Indonesia di SXSW yaitu Go-Jek, AR & Co, PicMix, GDP dan EMTEK.


“Saat ini persiapan untuk para pelaku kreatif Indonesia untuk tampil di SXSW sudah mencapai tahap akhir. Proses kurasi yang berjalan semenjak tahun 2016 telah selesai menyeleksi karya dan pelaku unggulan untuk mewakili Indonesia,” ujar Deputi Pemasaran, Josua Puji Mulia Simanjuntak.

SXSW Music adalah salah satu festival musik terbesar di dunia, yang memberikan kesempatan untuk 2500 performer dan band yang bermain di lebih dari 100 tempat. SXSW Film sendiri adalah festival film dimana fokus terhadap sutradara-sutradara muda berbakat. Sedangkan SXSW Interactive Trade Show, berfokus pada pengembangan teknologi kreatif dengan mengadakan konferensi atau presentasi dari para inovator dan kreator terkenal.

“Kami mempersiapkan beberapa lagu baru selain itu ada juga konsep-konsep baru dari segi visual dan penampilan band,” kata Imam Wisaya Surataruna, vokalis Lightcraft tentang persiapan menuju Festival SXSW 2017.

Sementara itu dalam start-up aplikasi digital tim juri telah memilih Qlue, Happy5, Kostoom, Kuassa, dan Dreadout. Adapun tim juri yang memilih para delegasi dalam aplikasi digital diantaranya Edi Taslim, Jerry Justianto, Piotr Jakubowski, Andi Sadha, dan Muhammad Neil El Himam. 

“Tentunya harapan kami dari Deputi Pemasaran adalah masuknya karya kreatif Indonesia di pasar dunia dan SXSW ini adalah pintu yang sangat baik untuk menembus pasar global,” kata Josua.

Menurut Josua kehadiran Indonesia di SXSW akan membawa kebanggaan baik bagi insan kreatif Indonesia maupun rasa positif bagi industri kreatif. “Bekraf akan terus menjaga momentum ini dan berharap agar para pelaku kreatif yang kembali dari SXSW dapat menginspirasi insan kreatif di lingkungannya,” tutupnya.

Selain SXSW 2017 Bekraf juga akan menginformasikan pengumuman call for entries untuk pelaku kreatif bidang aplikasi dan games developer yang ingin berpartisipasi dalam event CeBIT (Centrum für  Büroautomation,  Informationstechnologie und Telekommunikation) yang akan diselenggarakan pada 20-24 Maret 2017 di Hannover, Jerman.

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!