Kejuaraan Banyuwangi International BMX Competition 2016 nomor Women Elite, di Sirkuit Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur (02/04/2016). (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi - Pebalap BMX Indonesia di nomor putri, Elga Kharisma Novanda menjuarai klasemen Women Elite, Round 1 Banyuwangi International BMX Competition 2016, Sabtu (2/4/2016) di Sirkuit Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Rajasampta Oktohari mengaku senang dengan  Raihan Elga Kharisma Novanda. sebab kata dia, secara otomatis akan menambah poin bagi Elga. Sehingga peluang mengikuti olimpiade di Rio de Janeiro 2016 semakin terbuka.

“Untuk poin ke Olimpiade, sehingga memang tantangannya ke depan bagaimana dia bisa mempertahankan tingkatnya sampai 31 Mei. Karena tentunya dari semua negara akan berlomba-lomba untuk mengambil peringkat yang sama. Sementara ini Toni sudah masuk, Elga masih kita coba, kita kejar karena dengan adanya dua perlombaan ini akan mengantarkan poin Elga lagi,” kata Rajasampat Oktohari di Banyuwangi, Sabtu (2/4/2016).

Sebab menurut Oktohari, ajang Banyuwangi International BMX Competition 2016 ini merupakan lomba ke-2 di Indonesia yang berskala Internasional. Sehingga, setiap poin yang diraih pebalap akan penting untuk menjaga peluang tampil di Olimpiade mendatang.

Sementara itu, Elga berharap, kemenangan di putaran perdana ini bisa menambah poinnya. Sebab  saat ini dia menduduki peringkat ke-37 dunia.

Ratu balap sepeda BMX Asia Tenggara itu memang tampil menonjol sejak Individual Time Trial (ITT). Ia juga mendominasi di fase races pertama hingga ketiga. Dalam babak final, Elga juga tak tersentuh para pesaingnya. Termasuk oleh pebalap dari Thailand dan Malaysia, yang seolah tak berkutik menghadapinya.

Gadis asal Malang ini akhirnya finish pertama. Ia mengungguli Regina Patricia Panie dari ISSI Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Cupi Novianti asal Jawa Barat (Jabar) yang finish di baris ketiga.

Sedangkan di nomor Men Elite, pebalap asal Denmark, Jimmi Therkelsen menjadi yang tercepat. Ia menyisihkan dua atlet Pelatnas BMX Indonesia, Tony Syarifudin dan Rio Akbar yang harus puas finish di peringkat kedua dan ketiga.

Selain merebut posisi pertama, Jimmi tampil menghibur sepanjang balapan. Trik-trik yang kerap ia pertontonkan, berhasil mengundang decak kagum ribuan penonton yang menyaksikan helatan kelas dunia ini. Bahkan pebalap putra terbaik Indonesia, Tony Syarifudin mengakui, dirinya kalah kualitas dengan Therkelsen.

Editor: Nurika Manan

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!