Puluhan Gajah Liar Rusak Kebun Pisang di Tuha Lala, Pidie

Kerugian akibat rusaknya tanaman pisang karena serbuan puluhan gajah liar mencapai jutaan rupiah

Rabu, 11 Okt 2017 18:27 WIB

Ilustrasi (sumber: KLHK)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Pidie– Kebun tanaman pisang dan pinang  seluas 100 Hektare di Desa Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, rusak diobrak-abrik kawanan gajah liar. Diperkirakan gerombolan gajah itu berjumlah  30 ekor.

Camat Mila, Jamaluddin mengatakan, kebiasaan satwa liar ini memasuki kebun masyarakat   pada malam hari saat ditinggal pergi pemiliknya. Akibatnya, petani di wilayah itu mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah.

”Kalau siang tidak ada apa-apa, tapi kalau malam berbahaya. Mungkin saat malam itu karena yang punya lahan kebun tidak  ada lagi atau sudah pulang. Saat siang itu gajahnya sudah keluar dari kebun masyarakat, kalau malam baru masuk karena kalau ada orang penghuninya kan dihalau sama pemiliknya.   Cara tergantung masing-masing, seperti pakai bambu yang diketuk-ketuk dan segala macam,” kata Jamaluddin ketika dihubungi KBR, Rabu (11/10).

Camat menambahkan  bersama dinas dan pegiat LSM lingkungan sedang berupaya menghalau gajah liar tersebut dari kebun penduduk. Termasuk, dengan cara membakar mercon atau petasan untuk mengusir keberadaan binatang yang dilindungi itu dari areal setempat.

”Kalau petani paling usir dengan memukul kayu atau bambu, tapi karena sudah dikoordinasikan dengan dinas terkait dikirimkanlah mercon. Suara bahan peledak itu menggelegar yang menimbulkan gajah-gajah berlarian masuk kedalam hutan,” tuturnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh

KKP Gagal Capai Target Ekspor Ikan

  • HRW Usulkan 4 Isu Jadi Prioritas Dialog Jakarta Papua
  • Terduga TBC di Medan Capai Seribu Orang
  • Dalai Lama Luncurkan Aplikasi

Kemiskinan, konflik senjata, norma budaya, teknologi komunikasi modern, kesenjangan pendidikan, dan lain-lain. Kondisi-kondisi ini membuat anak rentan dieksploitasi