Idul Adha Dirayakan Bersama Antar Umat Beragama di Bali

Ini tradisi di Bali sejak tahun 1986

Senin, 12 Sep 2016 15:24 WIB

Tokoh masyarakat di Bali sumbangkan hewan kurban dalam perayaan Hari Idul Adha, Senin (12/9/2016). Foto: KBR/ Yulius Martoni

KBR, Bali- Perayaan Idul Adha yang digelar di halaman gedung serbaguna Lembaga Dakwah Islam Indonesia, LDII Provinsi Bali tampak meriah. Tak hanya dihadiri oleh umat muslim, warga Bali yang beragama Hindu dan Kristiani ikut meramaikan acara pelaksanaan potong hewan kurban.

Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Bali, Kafilari mengatakan perayaan Idul Adha antar umat beragama di Bali sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan sejak tahun 1986. Warga bergotong royong menyembelih dan membersihkan hewan kurban usai umat muslim menjalankan sholat Ied. 

Salah seorang tokoh masyarkat Bali, Kompyang mengatakan dirinya ikut berkurban sebagai wujud kebersamaan hidup dalam perbedaan.

"Untuk dibagi-bagikan kepada warga baik itu warga muslim maupun warga hindu, jadi toleransi antar umat beragama itu yang perlu kita kembangkan sehingga menjadi contoh di masyarkat", ujarnya, Senin (12/9/2016).

Tahun ini LDII memotong 85 ekor sapi dan 252 ekor kambing di seluruh Bali di bawah naungan LDII. Sumbangan hewan korban juga berasal dari umat kristiani. 

Editor: Malika

 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas
  • MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Indonesia masih menghadapi masalah jumlah penduduk yang besar dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pertambahan jumlah penduduk tidak seimbang dengan pertumbuhan kesempatan kerja.