Idul Adha Dirayakan Bersama Antar Umat Beragama di Bali

Ini tradisi di Bali sejak tahun 1986

Senin, 12 Sep 2016 15:24 WIB

Tokoh masyarakat di Bali sumbangkan hewan kurban dalam perayaan Hari Idul Adha, Senin (12/9/2016). Foto: KBR/ Yulius Martoni

KBR, Bali- Perayaan Idul Adha yang digelar di halaman gedung serbaguna Lembaga Dakwah Islam Indonesia, LDII Provinsi Bali tampak meriah. Tak hanya dihadiri oleh umat muslim, warga Bali yang beragama Hindu dan Kristiani ikut meramaikan acara pelaksanaan potong hewan kurban.

Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Bali, Kafilari mengatakan perayaan Idul Adha antar umat beragama di Bali sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan sejak tahun 1986. Warga bergotong royong menyembelih dan membersihkan hewan kurban usai umat muslim menjalankan sholat Ied. 

Salah seorang tokoh masyarkat Bali, Kompyang mengatakan dirinya ikut berkurban sebagai wujud kebersamaan hidup dalam perbedaan.

"Untuk dibagi-bagikan kepada warga baik itu warga muslim maupun warga hindu, jadi toleransi antar umat beragama itu yang perlu kita kembangkan sehingga menjadi contoh di masyarkat", ujarnya, Senin (12/9/2016).

Tahun ini LDII memotong 85 ekor sapi dan 252 ekor kambing di seluruh Bali di bawah naungan LDII. Sumbangan hewan korban juga berasal dari umat kristiani. 

Editor: Malika

 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Anggaran Kunker DPRD DKI Rentan Penyelewengan

  • Merasa Difitnah Nazaruddin, Anas Urbaningrum: Dia Dilatih Untuk Berbohong
  • PDIP Akan Pecat Emil Dardak Setelah Resmi Daftar Cawagub Jatim
  • Meski Ada Ancaman Letusan Gunung Agung, Bali Dinyatakan Aman untuk Wisatawan

Guna mengembangkan dan mengapresiasi Organisasi Kepemudaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan "Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi 2017"