Kepala Kantor Kesehatan Kelas I Denpasar Lucky Tjahjono. Foto: Yulius Martony



KBR, Bali - Bandara Ngurah Rai, Bali telah dilengkapi alat pendeteksi suhu tubuh (thermoscan). Sebelumnya, alat pengawas suhu tubuh wisatawan mancanegara yang masuk Bali ini rusak.

Menurut Kepala Kantor Kesehatan Kelas I Denpasar, Lucky Tjahjono, pihaknya saat ini fokus mengawasi penyebaran virus zika. "Zika masih menjadi isu. Masalah yang belum selesai. Kita siapkan dua thermoscaner di kedatangan internasional, lalu kita juga memasang Ovitrap untuk mendeteksi jentik nyamuk di bandara," ujarnya.

Pengelola bandara menyiagakan tiga tim petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara selama 24 jam. Pelayanan kesehatan juga dilengkapi boogie ambulans di terminal kedatangan domestik. Boogie ambulans ini memiliki matras dan dilengkapi dengan peralatan P3K untuk menunjang pelayanan kesehatan. Boogie ambulans juga disiapkan untuk membawa orang yang terdeteksi sakit dari terminal ke mobil ambulans.

Guna menjaga area bandara dari nyamuk juga akan di tanam tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti Lavender, Rose Mary, Zodia dan Tapak Dara. Tanaman ini akan diletakan di sekitar taman baik di dalam maupun luar terminal. Selain itu juga dilakukan fogging nyamuk disekitar bandara. (dmr)
 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!