Penjara Solo Musnahkan Puluhan Pisau dan Telepon Selular Sitaan

"Diperoleh 24 handphone atau telepon seluler, 27 kartu perdana, 43 senjata tajam atau pisau rakitan yang dibuat dari sendok dan sikat gigi."

Kamis, 27 Apr 2017 12:06 WIB

Barang sitaan Rutan kelas 1 Surakarta, Jawa Tengah sebelum dimusnahkan. (Foto: KBR/Yudha S.)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}


KBR,Solo- Rumah Tahanan kelas  1 Surakarta, Jawa Tengah memusnahkan ratusan barang hasil sitaan yang diperoleh petugas di  penjara. Kepala Penjara  Surakarta, Oga Dharmawan mengatakan, petugas menyita puluhan telepon genggam, kartu telepon, senjata tajam rakitan, dan sebagainya.

Menurut Oga, Sitaan tersebut diperoleh selama jangka waktu 5-6 bulan ini.
 
"Hasil sitaan petugas berhasil diperoleh 24 handphone atau telepon seluler, 27 kartu perdana, 43 senjata tajam atau pisau rakitan yang dibuat dari sendok dan sikat gigi. Indikasi kami, pisau rakitan ini digunakan untuk menjaga diri. Mengantisipasi pemerasan antarnapi atau tahanan di dalam penjara, atau bahkan bisa digunakan untuk menyerang petugas," ujar Kepala Penjara  Surakarta, Oga Dharmawan, saat ditemui di sela-sela pemusnahan barang sitaan, Kamis (27/4).
 
Dari pantauan di lokasi, ratusan narapidana dan  tahanan Rutan klas 1 Surakarta dikumpulkan di halaman dalam kompleks rutan. Petugas memasukkan barang sitaan tersebut ke dalam tong yang berisi api membara. Barang sitaan tersebut sebelumnya dipajang di sebuah meja. Satu per satu barang sitaan tersebut dibakar.

Saat ini Jumlah narapidana dan tahanan di Rutan klas 1 Surakarta mencapai 600 orang.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP

  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Jokowi: Bantuan untuk Kabupaten Asmat Terkendala Akses Transportasi

  • Pemikul Sabu 30 Kilogram Divonis 20 Tahun
  • Hari Kelima, Kabut Asap Tebal Landa Hong Kong
  • Federer Lolos ke Perempat Final Australia Terbuka

Presiden Joko Widodo menyerukan agar PR anak-anak sekolah tak hanya urusan menggarap soal. Tapi melakukan hal-hal yang terkait kegiatan sosial dan lingkungan.