Pernah Kehilangan Data Pemilu, KPU Jawa Barat Pasang 9 CCTV Tambahan

Heri mengatakan pemasangan CCTV di Kantor KPUD itu dilakukan sejak adanya pencurian data pemilu pada 2013 lalu.

Jumat, 19 Jan 2018 16:26 WIB

Petugas berada di ruang kontrol kamera pemantau CCTV di KPUD Provinsi Jawa Barat di Bandung, Jumat (19/1/2018). (Foto: KBR/Arie Nugraha)

KBR, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memasang kamera pemantau (CCTV) di hampir seluruh ruangan kantor KPU. 

Pemasangan kamera pengawas itu untuk mencegah penyelewengan wewenang dar petugas serta untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018.

Sekertaris KPU Jawa Barat Heri Suherman mengatakan pada tahun 2014 KPUD sudah memasang empat unit kamera CCTV di beberapa titik yang dianggap rawan. 

Namun jumlah itu masih kurang, sehingga KPUD kembali memasang sembilan kamera CCTV tambahan untuk Pilkada 2018 ini. 

Heri mengatakan pemasangan CCTV di Kantor KPUD itu dilakukan sejak adanya pencurian data pemilu pada 2013 lalu. 

"Waktu itu kami kehilangan data yang tersimpan di komputer. Komputernya utuh tapi harddisknya hilang. Ini kan harddisk lebih berharga dari komputer," kata Heri Suherman di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Jumat (19/1/2018).

Heri Suherman menjelaskan harddisk yang dicuri pada saat itu berisi data hasil Pemilu Legislatif 2004. Sedangkan kejadian kehilangan barang lainnya di Kantor KPU Jawa Barat juga pernah terjadi tetapi tidak terlalu sering.

Heri mengatakan pemasang CCTV di Kantor KPU Jawa Barat bukan dipicu oleh pencurian hard disk berisi data hasil Pemilu Legislatif 2003. Namun lebih untuk mengetahui situasi selama satu bulan terkahir di kantor otoritas penyelenggara pemilu tersebut.

"Ini merupakan saran dari kepolisian untuk mengantisipasi kerawanan keamanan guna mempermudah proses penyidikan kalau terjadi sesuatu," kata Heri.

Heri Suherman menambahkan KPU Jawa Barat juga akan memasang kamera tambahan berikutnya di 10 ruangan, termasuk ruang pusat media (media centre). 

Sedangkan, untuk ruang kerja anggota KPU Jawa Barat hanya cukup dipasang di koridor luar ruangan saja. Harga satu CCTV itu senilai Rp5 juta per unit. 

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Seberapa besar ketertarikan generasi milenial terhadap koperasi di Indonesia saat ini?