Ini Penyebab Biaya Ibadah Haji Tahun 2018 Naik 900 Ribu

"Pemerintah Saudi Arabia mengeluarkan kebijakan 5% pajak pada semua pengeluaran."

Rabu, 24 Jan 2018 11:47 WIB

Ilustrasi: Jamaah Haji. (Foto: Antara)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Semarang- Pemerintah memperkirakan biaya haji  2018   naik sebesar  2,58 persen. Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin mengatakan   kenaikan biaya haji  sekitar 900 ribu rupiah.

"Tahun ini naik sebesar sekitar 900 ribu rupiah dibanding tahun lalu, jadi itu artinya  2,58% dari biaya haji tahun lalu," ujar Lukman dalam wawancara kepada wartawan di Wisma Perdamaian, Rabu (24/1/2018).  

Ia mengklaim, kenaikan 2,58% ini lebih kecil dibandingkan pajak 5% yang diperlakukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kata Lukman, rancangan ini masih akan didalami bersama DPR.  

Menteri Agama  mengatakan ada tiga hal yang menyebabkan kenaikan biaya haji  tahun ini.

"Pertama adalah biaya aftur. Jadi bahan bakar pesawat udara kecenderungannya naik tahun ini dibanding tahun lalu. Yang kedua pemerintah Saudi Arabia mengeluarkan kebijakan 5% pajak pada semua pengeluaran. Mulai dari hotel, makanan, transportasi itu semua naik 5%. Yang ketiga adanya penambahan layanan, yang tahun lalu sebanyak 25 kali makan selama jamaah berada di Makkah, tahun ini kita tingkatkan menjadi 50 kali makan," ujar Lukman.

Kementerian Agama memperkirakan  biaya ibadah haji pada  2018 sebesar Rp 35.790.982,00. Angka ini meningkat dibandingkan  2017  sebesar Rp 34.890.312,00.

Editor: Rony Sitanggang


Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Indonesia masih menghadapi masalah jumlah penduduk yang besar dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pertambahan jumlah penduduk tidak seimbang dengan pertumbuhan kesempatan kerja.