NASIONAL

Harga Bawang Merah Tembus Rp86 Ribu/Kg

""Kami akan melakukan pemantauan-pemantauan dengan teman-teman. Sehingga harga di tingkat konsumen bisa kita kendalikan dengan baik,""

Shafira Aurel

Harga bawang merah melambung
Ilustrasi: Harga melambung, panen bawang merah di Desa Salu Deawata, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Minggu (14/04/24). (Antara/Arnas Padda)

KBR, Jakarta-   Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa mengatakan harga komoditas bawang merah mengalami kenaikan hingga Rp54.649 per kilogram. Sebelumnya, rata-rata harga bawang merah berada di angka Rp33.840 per kilogram. 

Kata dia kenaikan harga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni terganggunya produksi di wilayah sentra, dan keterbatasan tenaga kerja perogol (ibu-ibu).

"Nah dari sini kalau kita melihat bapak menteri, dari harga di tingkat konsumen memang jadinya bawang merah itu mengalami sedikit kenaikan grafiknya agak naik. Walaupun sekali lagi Januari-Februari mereka dibawah harga acuan. Nah sekarang mereka agak naik sedikit harganya, dan mudah-mudahan ini bisa kita waspadai. Kami akan melakukan pemantauan-pemantauan dengan teman-teman. Sehingga harga di tingkat konsumen bisa kita kendalikan dengan baik," ujar Ketut dalam dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah 2024, Senin (26/4/2024).

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa menambahkan harga bawang merah tertinggi terjadi di Provinsi Papua Tengah yakni mencapai Rp86.667 per kilogram.

Baca juga: 

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa menegaskan ketersediaan stok bawang merah aman hingga 1-2 bulan kedepan. Ia juga menyebut  akan melakukan evaluasi dan meningkatkan kerjasama dengan pihak terkait untuk mengendalikan kenaikan harga ini.

Pantauan KBR dari laman Bapanas per Senin 22 April 2024, harga rata-rata nasional bawang merah mencapai Rp52.310 per kilogram.


Editor: Rony Sitanggang

  • bawang merah
  • Bapanas

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!