Anggota DPD dari Bengkulu, Mohammad Saleh. (Sumber: DPD)



KBR, Jakarta-  Muhammad Saleh  terpilih sebagai Ketua DPD RI menggantikan Irman Gusman. Saleh mengalahkan dua kandidat lainnya, petahana di jajaran pemimpin DPD,  GKR Hemas dan Farouk Muhammad.

Saleh memperoleh 61 suara. Terkait pemilihannya ini, Saleh mengatakan akan fokus menjaga DPD dari perpecahan di internal.

"Bagi saya ini merupakan amanat yang berat ya karena lihat dari totally suara teman-teman ke saya. Saya akan segera berkoordinasi dengan pimpinan yang lain," kata Saleh di DPD, Selasa (11/10).

Hemas mendapat 32 suara disusul Farouk di urutan terakhir dengan 23 suara, dan 1 suara tidak sah. Terpilihnya Saleh ini akan langsung dikukuhkan dengan pengambilan sumpah oleh Mahkamah Agung. Saleh akan memimpin DPD hingga Maret 2017 mendatang.

Saleh mengatakan masih banyak beban DPD ke depannya. Terutama, menurutnya, soal bagaimana memperbaiki citra DPD di mata masyarakat. Selain itu, perdebatan soal masa jabatan pemimpin DPD juga, kata dia, berpotensi menimbulkan perpecahan. Sebagian anggota menginginkan masa jabatan dibatasi hanya sampai 2,5 tahun.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  memilih Mohammad Saleh sebagai pemimpin DPD perwakilan wilayah barat. Saleh mengisi kekosongan posisi setelah ditinggalkan Irman Gusman. Irman terjaring OTT KPK untuk kasus distribusi gula impor sehingga dia dicopot dari jabatannya.

"Maka diperoleh hasil suara terbanyak calon pemimpin DPD dari wilayah barat yaitu nama Mohammad Saleh memperoleh suara 59," kata Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad saat mengumumkan hasil pemungutan suara, Selasa (11/10).

Saleh adalah senator asal Bengkulu. Dia terpilih pada pemilihan 2014 dengan perolehan suara 74.275 suara. Nama Saleh  sebelumnya tidak disebut-sebut masuk dalam bursa calon pemimpin DPD.

Saleh mengalahkan 11 calon lainnya. Dia memperoleh 59 dari total 116 suara yang masuk. Berikut hasil pemungutan suaranya:

Mohammad Saleh dari Bengkulu 59 suara
Parlindungan Purba dari Sumatra Utara 21 suara
M. Syukur dari Jambi 7 suara
Hardi Slamet Hood dari Riau 9 suara
Andi Surya dari Lampung 5 suara
Instsiawati Ayus Riau 4 suara
Nofi Chandra dari Sumatra Barat 4 suara
Hudarni Rani dari Bangka Belitung 3 suara
Abdul Gafar Usman dari Riau 2 suara
Ahmad Kennedy dari Bengkulu 1 suara
Fachrul Razi dari Aceh 1 suara
Asmawati dari Sumatra Selatan 0 suara

Editor: Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!