NASIONAL

Penghargaan Satyalancana Karya, Mendagri: Gibran Tak Dapat

""Sebagai penghargaan atas jasanya yang besar, atau berprestasi, kinerja sangat tinggi, dalam penyelenggaraan pemerintah daerah""

Agus Lukman

Penghargaan Satya Lencana Karya
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution pada peringatan Hari Otoda di Balai Kota Surabaya, Jatim, Kamis (25/04/

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada sejumlah gubernur bupati dan wali kota atas kiprahnya dalam membangun otonomi daerah masing-masing.

Salah satunya diberikan kepada menantu Jokowi, Muhammad Bobby Afif Nasution yang menjabat Wali Kota Medan Sumatera Utara.

Penghargaan itu dikeluarkan melalui Keputusan Presiden yang dibacakan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah 2024, Kamis, 25 April 2024.

"Menganugerahkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bakti Praja Nugraha kepada mereka yang nama jabatan dan profesinya disebut dalam lampiran ini, sebagai penghargaan atas jasanya yang besar, atau berprestasi, kinerja sangat tinggi, dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah," begitu bunyi Keputusan Presiden Nomor 24 TK Tahun 2024, tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, yang dibacakan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Ada 14 kepala daerah yang menerima penghargaan. Berikut kepala daerah yang mendapat penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

1. Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024.

2. Dony Ahmad Munir, Bupati Sumedang, Jawa Barat.

3. Sutedjo, Bupati Kulon Progo Yogyakarta 2017-2022.

4. Joko Sutopo, Bupati Wonogiri Jawa Tengah 2021-sekarang.

5. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, 2021-sekarang.

6. Anna Muawanah, Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, 2018-2023

7. I Nyoman Giri Prasta, Bupati Badung, Bali 2018-sekarang

8. Achmad Fikry, Bupati Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan 2018-2023

9. Kery Saiful Konggoasa, Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara 2018-2023

10. Muhammad Bobby Afif Nasution, Wali Kota Medan, Sumatera Utara, 2021-sekarang

11.Syafrudin, Wali Kota Selarang, Banten 2018-2023

12. Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor Jawa Barat 2019-2024

13. Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, Jawa Timur 2021-sekarang

14. I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wali Kota Denpasar, Bali, 2021-sekarang.

Baca juga:

Penyematan penghargaan  Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri   Tito Karnavian. Dia menggantikan Presiden Joko Widodo.

Kata Tito,   sejak awal  Gibran memang tak mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja. Melainkan penghargaan dari Kemendagri dalam kategori kinerja pemda yang cukup baik.

"Kalau Mas Gibran tidak dapat Satyalancana. Tapi dapat piagam penghargaan masuk kelompok kedua," ujar Tito usai upacara.


Masuknya  nama Gibran sebagai salah satu dari 15 nama kepala daerah yang bakal mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha  diungkap Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.  Kata dia, penerima penghargaan itu di antaranya Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.


Editor: Rony Sitanggang

  • Kemendagri
  • Pemda
  • satyalancana
  • Gibran Rakabuming
  • Bobby Nasution

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!