WHO: Waspadai Zika Saat Olimpiade Brasil 2016

Sekitar 500 ribu wisatawan diperkirakan akan menuju Brasil untuk menyaksikan Olimpiade.

Jumat, 13 Mei 2016 10:48 WIB

Petugas menyemprotkan insektisida untuk membasmi nyamuk di Olimpiade Brasil 2016 (Foto: VOA)

Petugas menyemprotkan insektisida untuk membasmi nyamuk di Olimpiade Brasil 2016 (Foto: VOA)

KBR - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan semua pengunjung dan atlet Olimpiade 2016 di Brasil untuk memakai baju tertutup. Ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari terpapar virus Zika.

Selain itu, mereka juga harus tinggal di ruangan ber-AC dan terus menutup jendela. Saran lain adalah menghindari daerah kumuh dan padat di kota besar tersebut, karena dikhawatirkan sanitasinya tidak memadai atau tidak ada saluran air.

Sekitar 500 ribu wisatawan diperkirakan akan menuju Brasil untuk menyaksikan Olimpiade. Olimpiade 2016 akan berlangsung dari tanggal 5 Agustus sampai 18 September 2016 mendatang. Virus Zika masih menjadi masalah di negara tersebut, juga beberapa negara lain di Amerika Selatan.

WHO juga mengeluarkan sejumlah saran kepada para pengunjung dan atlet yang akan datang ke Brasil, yaitu mengunakan losion anti nyamuk di siang hari, serta memakai pakaian yang berwarna terang. Pakaian juga diharapkan menutupi banyak bagian tubuh.

Virus Zika disebarkan oleh nyamuk dan menjadi penyebab cacat tubuh pada bayi yang baru lahir, yaitu ukuran kepala yang lebih kecil. Akibat adanya virus Zika ini, sejumlah pakar kesehatan sempat mengusulkan supaya Olimpiade ditunda. Saat ini virus Zika diperkirakan sudah menyebar ke 58 negara.  
 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

KPK Beberkan Ratusan Bukti di Praperadilan Setnov

  • Pemkab Rembang Batasi Usia Penerima Bantuan Kejar Paket
  • Malaysia Menarik Pernyataan soal Rakhine