Cuaca di kawasan Kedah, Malaysia berkisar 35-37 derajat Celcius. (Foto: situs Weather.com)

KBR- Pemerintah Malaysia memerintahkan penutupan lebih dari 250 sekolah untuk mencegah para siswa terdampak cuaca panas akibat El Nino. Seluruh sekolah yang ditutup itu antara lain di Negara Bagian Perlis dan Negara Bagian Pahang.

Kementerian Pendidikan Malaysia menyebutkan penutupan sekolah itu ditujukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Saat ini suhu udara di daerah-daerah itu mencapai di atas 37 derajat Celcius. Cuaca panas terjadi hampir setiap hari.

Penutupan sekolah itu meliputi 190-an sekolah dasar dan 60-an sekolah menengah. Jumlah siswa yang terdampak cuaca panas diperkirakan mencapai lebih dari 97 ribu orang.

Namun penutupan sekolah hanya untuk siswa. Siswa tidak harus mengikuti hari pelajaran pengganti di hari lain.  Sedangkan kegiatan administrasi sekolah tetap harus jalan dan guru tetap harus masuk.

Untuk menyesuaikan dengan instruksi Kementerian Pendidikan, Komunitas Pendidikan Masyarakat di Malaysia juga meliburkan sekolah TK dan kelompok bermain. 

Badan Meteorologi Malaysia menyebutkan diperkirakan wilayah-wilayah di Perlis dan Pahak akan diguyur hujan disertai petir, yang bisa mengurangi suhu panas.  Dirjen Departemen Meteorologi Malaysia Datuk Che Gayah Ismail mengatakan saat ini negara itu tengah memasuki masa pancaroba. Kini sudah mulai banyak hujan turun disertai petir pada sore hari.

"Musim pancaroba diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan atau akhir Mei," kata Che Gayah.

Gelombang panas di Malaysia pada Maret lalu menewaskan satu orang, dan menyebabkan belasan orang lainnya harus dirawat di rumah sakit. Korban tewas adalah seorang anggota polisi yang sedang ikut pelatihan di Pusat Pelatihan Polisi Segamat Malaysia. Korban pingsan saat pelatihan di lapangan indoor.

Kementerian Kesehatan Malaysia meminta publik untuk memperbanyak minum, mengurangi aktivitas dalam ruangan, mengenakan pakaian tipis dan berdiam di ruangan yang berventilasi cukup.

Suhu udara panas paling terasa di enam wilayah di utara, meliputi Chuping (Perlis), Alor Setar (Kedah), Ipoh dan Lubuk Merbau (Perak), serta Batu Embun dan Temerloh (negara bagian Pahang). Suhu udara tercatat bahkan pernah sampai angka 38,5 derajat Celcius. (Bernama/Straits Times)

Editor:  Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!