BERITA

Clinton dan Trump Klaim Unggul di Super Tuesday

"Pemilihan pendahuluan digelar serempak di 12 negara bagian. "

Agus Lukman

Hillary Clinton dan Donald Trump (Foto: vox.com)
Hillary Clinton dan Donald Trump (Foto: Antara)

KBR - Kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Hillary Clinton serta kandidat dari Partai Republik Donald Trump mengklaim mengantongi kemenangan penting di pemilihan pendahuluan, Selasa kemarin waktu setempat atau pagi ini. 

Pemilihan pendahuluan kemarin waktu setempat menjadi pertaruhan, karena digelar serempak di 12 negara bagian yang dikenal sebagai Super Tuesday. 

Para kandidat calon presiden dari dua partai itu ingin menyapu bersih kemenangan di mayoritas negara bagian untuk memuluskan jalan menuju pemilihan presiden akhir tahun ini. 

Hillary Clinton mengklaim kemenangan di Georgia dan wilayah krusial di Virginia atas pesaingnya Bernie Sanders. Ia juga mengklaim memenangi negara bagian lain seperti Alabama, Amerika Samoa dan Tennessee. 

Sejauh ini Hillary Clinton masih mengungguli Sanders dalam memperebutkan suara delegasi. 

Sementara itu Donald Trump juga mengklaim kemenangan di Georgia, dan mengimbangi Marco Rubio di Virginia seperti jajak pendapat sebelumnya. Ia juga memperkirakan bisa memenangi negara bagian Alabama, Tennessee dan Massachussetts. 

Pesaing Trump, yaitu senator Ted Cruz maupun Marco Rubio harus bekerja keras menghadang manuver-manuver raja properti itu dalam merebut tiket ke pencalonan presiden. 

Namun Trump masih menjadi nominator utama calon presiden dari Partai Republik. (AFP/CNN) 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Super Tuesday
  • Hillary Clinton
  • Donald Trump

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!