INTERMEZO: Inilah Hotel Es Permanen Pertama di Dunia

Hotel ini bakal menjadi hotel es permanen pertama di dunia. Artinya, hotel ini bakal beroperasi penuh sepanjang tahun. Biasanya hotel es dibuat dan beroperasi hanya pada musim dingin.

Kamis, 08 Des 2016 15:43 WIB

Ruang kamar kelas Deluxe Suite di Icehotel 365. (Foto: Facebook Icehotel)

KBR - Sebuah hotel di Swedia menawarkan sensasi luar biasa kepada pengunjungnya, karena hotel ini dibuat dari es. Hotel Es (Icehotel) 365 dibangun di Kota Jukkasjarvi, Swedia menggunakan 30 ribu liter air sungai yang dibekukan.

Hotel ini sedang dalam tahap penyempurnaan dan rencananya akan dibuka pada pertengahan Desember ini.

Hotel ini bakal menjadi hotel es permanen pertama di dunia. Artinya, hotel ini bakal beroperasi penuh sepanjang tahun. Biasanya hotel es dibuat dan beroperasi hanya pada musim dingin, karena hotel akan mencair di musim panas. Hotel de Glace di Kanada misalnya, beroperasi hanya di bulan Januari hingga Maret.

Pengelola Icehotel 365 menggunakan pembangkit listrik tenaga matahari untuk membuat bangunan es dan salju yang menutupinya tetap beku pada musim panas, dengan atap ditutup rumput-rumputan.

Icehotel 365 memiliki 55 kamar, termasuk 20 kamar kelas suite.

"Alam dan lingkungan tidak hanya menjadi sumber inspirasi yang besar bagi Icehotel, tapi juga menjadi kebutuhan untuk membuat hotel yang beroperasi dari tahun ke tahun," begitu tulis pengelola hotel dalam situs mereka.

Meski pembangunan dijadwalkan baru selesai total pada 16 Desember mendatang, namun para tamu sudah diizinkan untuk tinggal di kamar kelas mewah untuk menghadiri pembukaan hotel.

"Para tamu merupakan bagian dari sejarah hotel ini," kata CEO Icehotel 365 Yngve Bergqvist. "Mereka akan meresmikan hotel es pertama di dunia yang akan buka sepanjang tahun, dan bisa merasakan sensasi dan pengalaman yang tidak akan terlupakan sepanjang masa," klaim Yngve.

Para tamu juga bakal mendapat kesempatan membuat patung es sendiri, berenang di Sungai Torne yang airnya digunakan untuk pembangunan hotel itu, merasakan sensasi sauna di tengah suhu dingin dan menikmati pameran karya seni es buatan dari seniman, desainer dan arsitek dari sembilan negara.

Cikal bakal dari Icehotel 365 adalah bangunan iglo kayu yang kemudian ditutupi salju pada 1992. Pada 10 tahun kemudian, pada 2012, desainer Arne Bergh membuat replika Icehotel yang mendapat sambutan hangat. Replika itu dibuat menggunakan 'snice' yaitu campuran salju dan es. (CN Traveler/UPI) 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Moratorium Reklamasi, Menteri Siti : Pulau C dan D Kurang Satu Syarat, Pulau G Dua Syarat

  • Adik Bos First Travel Ikut Jadi Tersangka
  • Penembakan Deiyai, Tujuh Anggota Brimob dan Kapolsek Akan Jalani Sidang Etik Pekan Depan
  • Tuntut Pembatalan Perppu Ormas, Ratusan Orang Demo DPRD Sumut

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR