Ilustrasi (Antara)

KBR - Tak lama lagi, kita akan menikmati teknologi baru yang akan mengalahkan kecepatan koneksi dari Wi-Fi. Namanya, Li-Fi, kependekan dari Light Fidelity. Teknologi ini akan mengirimkan informasi secara nirkabel melalui cahaya tampak. Demonstrasi pertamanya disajikan di Mobile World Congress, pameran terbesar di dunia oleh perusahaan start up Prancis, Oledcomm.

Li-Fi, bahkan sudah menarik perhatian perusahaan Apple untuk mengintegrasikannya ke iPhone 7.

Teknologi ini menawarkan kecepakan yang luar biasa, mencapai 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi. Pengguna koneksi Li-Fi diperkirakan bisa menikmati kecepatan mengunduh 23 DVD hanya dalam waktu satu detik. Uji laboratorium menunjukkan kecepatan teknologi ini lebih dari 200 Gbps.

Saat ini, mungkin masih mustahil bagi kita menjumpai Li-Fi di kedai kopi. Sebab temuan ini masih berupa teknologi laboratorium. Namun pendiri perusahaan Estonia Velmenni, Deepak Solanki, yang menuji Li-Fi di ruang industri pada tahun lalu meyakini, teknologi ini akan mulai dikomersialkan dalam dua tahun ke depan.

Bahkan, kemungkinan ini bisa saja lebih cepat mengingat Apple mulai menunjukkan minat untuk mengintegrasikan Li-Fi dengan I Phone 7--yang akan diluncurkan akhir tahun ini. (Natgeo/ Mother Nature Network)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!